x

Bedah Formasi Ideal AC Milan di Tengah Krisis Pemain saat Hadapi Juventus

Sabtu, 21 Oktober 2023 17:17 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Marco Sportiello (kanan), memberikan apresiasi bersama rekannya selepas laga AC Milan vs Newcastle di Liga Champions, Selasa (19/09/23).

INDOSPORT.COM – AC Milan harus jalani laga berat di Liga Italia kontra Juventus, Senin (23/10/2023), dengan kondisi skuat tak komplit lantaran banyak pemain absen akibat cedera.

Dalam lanjutan pekan kesembilan Liga Italia 23/24, AC Milan bakal menjamu Juventus di markas mereka sendiri yakni Stadion San Siro.

Baca Juga

Di pertandingan ini, AC Milan bertekad lanjutkan tren kemenangan sekaligus menjaga asa untuk terus berada di puncak klasemen Liga Italia.

Sebelum laga kontra Juventus, skuat arahan Stefano Pioli tersebut sedang nyaman sebagai capolista dengan torehan 21 poin.

Mereka unggul dua angka dari rival sekota, Inter Milan yang di pekan sebelumnya sempat tersungkur usai ditahan imbang Bologna.

Ditengah misi untuk mempertahankan puncak klasemen, AC Milan malah harus menerima nasib buruk lantaran beberapa pilar penting mereka harus absen akibat cedera.

Baca Juga

Melansir dari Transfermakt, diketahui ada enam pemain yang berpotensi besar tak bisa tampil memperkuat AC Milan saat hadapi Juventus.

Mereka adalah Mike Maignan, Marco Sportiello, Theo Hernandez, Mattia Caldara, Ismael Bennacer, Ruben Loftus-Cheek, serta Samuel Chukwueze.

Khusus untuk Mike Maignan dan Theo Hernandez, dua pemain Prancis ini tak bisa bertanding lantaran mendapat hukuman kartu di pekan lalu. Sedangkan pemain lain absen karena cedera.

Meski bertanding dengan kondisi skuat yang pincang, namun AC Milan yang punya materi pemain yang berlimpah diprediksi bakal bisa berikan perlawanan buat Juventus.

Berikut INDOSPORT coba mengulas, formasi ideal yang bisa dipakai AC Milan saat hadapi Juventus di lanjutan Liga Italia 23/24 nanti:

Baca Juga

1. Nama Baru Siap Debut

Kiper AC Milan, Antonio Mirante

Dengan minimnya opsi penjaga gawang setelah Mike Maignan dan Marco Sportiello absen, maka posisi kiper utama AC Milan nanti tampaknya bakal ditempati Antonio Mirante.

Pemain berusia 40 tahun tersebut berpotensi jalani debut starter perdananya sebagai pemain AC Milan sejak pertama kali diboyong musim 2021 lalu.

Baca Juga

Meski usianya tak lagi muda, namun Mirante punya pengalaman cukup banyak di Liga Italia. Tercatat, eks AS Roma tersebut telah bermain 369 pertandingan di Serie A dan membuat 115 kali clean sheets.

Berbekal jam terbang tersebut, tak heran jika Antonio Mirante layak mendapat kesempatan buat tampil starter saat hadapi Juventus.

Kemudian di posisi bek, duet Fikayo Tomori dan Malick Thiaw akan jadi pilihan utama untuk mengisi sektor centre-back.

Meski masih punya Simon Kjaer, namun bek asal Denmark tersebut sudah terlalu tua dan bakal sulit beradu sprint dengan barisan striker Juventus.

Baca Juga

Selain itu, Pierre Kalulu yang juga bisa jadi opsi masih diragukan tampil lantaran sedang dalam proses pemulihan cedera.

Kemudian di sektor bek sayap, AC Milan yang kehilangan Theo Hernandez harus memutar otak untuk mencari pengganti.

Dari skuat yang ada saat ini, bek sayap kiri yang biasa ditempati Theo Hernandez sepertinya akan diisi oleh Alessandro Florenzi.

Sementara di kanan masih akan jadi milik sang kapten, Davide Calabria yang untungnya tidak alami masalah Kesehatan jelang big match nanti.

Baca Juga

2. Lini Tengah AC Milan Pincang

Pemain AC Milan, Tijjani Reijnders saat menguasai bola pada laga Serie A Italia antara Bologna FC dan AC Milan di Stadio Renato Dall'Ara, Selasa (22/08/23). (Foto: acmilan)

Di lini tengah, kehilangan Ismael Bennacer dan Ruben Loftus-Cheek benar-benar jadi pukulan telak buat AC Milan. Lantaran dua pemain tersebut merupakan dinamo permainan serta penyimbang alur bola Rossoneri.

Beruntung pada bursa transfer musim panas kemarin AC Milan membeli banyak pemain tengah. Meski kualitasnya tidak bisa dibandingkan, namun Yunus Musah tampaknya bisa mengisi pos yang ditinggalkan Loftus-Cheek sebagai mezzala kanan.

Sementara Yacine Adli bertugas sebagai deep lying playmaker menggantikan tugas Ismael Bennacer. Serta Tijjani Reijnders di posisi mezzala kiri.

Ditengah rapuhnya kekuatan di lini tengah, beruntung barisan striker AC Milan bisa tampil full team. Di mana trio Christian Pulisic, Olivier Giroud dan Rafael Leao dipastikan bisa tampil sebagai starter.

Lantas dengan komposisi skuat diatas, mampukah AC Milan mengatasi perlawanan Juventus dan mempertahankan posisi puncak klasemen Liga Italia pekan ini? Menarik dinantikan.

Formasi Ideal AC Milan XI kontra Juventus (4-3-3):
Mirante; Calabria, Thiaw, Tomori, Florenzi; Musah, Adli, Reijnders: Pulisic, Giroud, Leao.

AC MilanJuventusLiga Italia

Berita Terkini