x

Debut Gacor Marc Guiu Buktikan Xavi Tak Main-main Soal Janji Bikin Akademi Barcelona Beken Lagi

Senin, 23 Oktober 2023 08:31 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Manajer Barcelona, Xavi Hernandez, puji Marc Guiu yang keluar sebagai pahlawan timnya dalam kemenangan atas Athletic Bilbao di lanjutan Liga Spanyol (La Liga) 2023/2024.

INDOSPORT.COM - Manajer Barcelona, Xavi Hernandez, puji Marc Guiu yang keluar sebagai pahlawan timnya dalam kemenangan atas Athletic Bilbao di lanjutan Liga Spanyol (La Liga) 2023/2024.

Di laga yang digelar pada Senin (23/10/23) dini hari WIB tersebut, sang penyerang 17 tahun mencetak gol semata wayang kemenangan Los Cules sebagai pemain pengganti.

Baca Juga

Hebatnya lagi Guiu baru masuk di lapangan selama 33 detik saja saat mengkonversi assist dari Joao Felix menjadi gol pada menit ke-80.

Opta mencatat jika sebelumnya belum pernah ada pemain Barcelona dengan gol debut secepat Guiu dalam 100 tahun terakhir.

Pada Marca, Xavi mengatakan jika dirinya sepenuhnya yakin dengan kemampuan Guiu menjadi pembeda melawan Bilbao yang ia anggap lawan berat.

Ini sejalan dengan ambisi entrenador 43 tahun itu untuk memberdayakan lagi akademi Barcelona, La Masia, sebagai tulang punggung tim senior.

Baca Juga

"Ini adalah kemenangan yang didapat dengan usaha keras. Athletic adalah lawan yang sulit dikalahkan karena mereka sangat berani," beber Xavi.

"Marc Guiu adalah bocah dari La Masia dan berhasil menjadi pahlawan. Saya senang dengan kemenangan ini,"

"Saya memainkan Marc karena saya percaya pada kemampuannya. Secara pribadi pun saya suka padanya,"

"Tidak pernah ada masalah untuk memanfaatkan pemain akademi. Yang perlu saya lakukan hanya memberi mereka (pemain muda) kepercayaan yang sudah Barcelona berikan pada saya ketika masih remaja," pungkasnya kemudian.

Baca Juga

1. Euforia Guiu

La Masia.

Absennya sejumlah pemain depan Barcelona seperti Raphinha dan Robert Lewandowski di partai Liga Spanyol melawan Athletic Bilbao rupanya menjadi berkah tersembunyi bagi Marc Guiu.

Karenanya, ia bisa mewujudkan impian bermain untuk senior La Blaugrana setelah bertahun-tahun belajar di La Masia.

Baca Juga

Tidak ada yang menyangka jia Guiu bisa ikut turun ke lapangan mengingat ia pun harus masuk sebagai pengganti sesama pemain belia, Fermin Lopez.

Selain itu masih ada pula sensasi muda lainnya yakni Lamine Yamal yang duduk bersamanya di bench.

Publik pasti berpikir jika nantinya yang akan jadi pembeda adalah Yamal dengan pengalaman lebih banyak di tium utama namun takdir memilih Guiu.

Guiu sendiri pun masih belum sepenuhnya percaya. Untuk sementara ia mau menikmati momen luar biasanya ini.

Baca Juga

"Saya tidak percaya sama sekali. Yang ada di pikiran saat ini hanya bagaimana menikmati momen. Sudah lama sekali saya berjuang untuk merasakannya," beber Marc Guiu.

"Di La Masia, saya berusaha keras dan ini buahnya. Sampai sekarang saya belum berani melihat notifikasi di ponsel. Mungkin sampai besok pagi saya tidak bisa tidur juga," imbuhnya.

Penampilan perdana apik dari Marc Guiu dipastikan akan semakin membuka jalan bagi para pemain di La Masia memupuk mimpi menembus tim senior Barcelona.

Dengan Xavi Hernandez sebagai nahkoda, era dimana pabrikan pemain muda itu menjadi suplier utama bintang untuk Los Cules dapat kembali dibangkitkan.

Baca Juga
BarcelonaXavi HernandezAthletic BilbaoLa MasiaLiga Spanyol

Berita Terkini