x

Pertandingan Liga Champions Tentukan Nasib AC Milan di Piala Dunia Klub 2025

Sabtu, 11 November 2023 11:07 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Indra Citra Sena
Pertandingan Liga Champions 2023/2024 bakal menentukan nasib AC Milan di Piala Dunia Antarklub 2025 ke depan.

INDOSPORT.COM – Pertandingan Liga Champions 2023/24 bakal menentukan nasib AC Milan di Piala Dunia Klub 2025 ke depan.

Piala Dunia Klub 2025 sudah akan memakai format 32 tim. Ajang itu akan dimainkan di Amerika Serikat dari Juni sampai Juli mendatang.

Baca Juga

Nantinya 32 tim yang akan berpatisipasi ini akan dibagi menjadi empat grup yang berisikan delapan klub yang mana tim dengan dua posisi tertinggi akan lolos ke babak 16 besar.

Turnamen ini disebut akan memakai format setiap empat tahun sekali, seperti Piala Dunia. Tim dari Eropa (UEFA) akan mendapatkan jatah 12 slot dengan empat pemenang Liga Champions terakhir.

Sekadar informasi, setiap negara hanya boleh mengirim maksimal dua klub saja sehingga Inggris sudah tak bisa mengirim klub lagi mengingat Chelsea dan Manchester City adalah kampiun Liga Champions 2020/21 dan 2022/23.

Real Madrid juga sudah dipastikan akan tampil mengingat mereka adalah jawara UCL 2021/22 sehingga delapan tim tersisa dari Eropa akan ditentukan berdasarkan ranking.

Baca Juga

Sehingga, Liga Italia tentu berhak mengirim dua wakilnya ke Piala Dunia Klub 2025 ke depan yang mana posisi Inter Milan disebut sudah terjamin aman menurut Sempre Milan.

Hal ini berarti satu slot tersisa nantinya akan diperebutkan oleh Juventus, AC Milan, dan Napoli untuk menemani Nerazzurri di Piala Dunia Klub 2025 mendatang.

Lantas, berapa poin yang dibutuhkan AC Milan untuk bisa menemani rival sekotanya, Inter Milan, unjuk gigi di Piala Dunia Klub 2025?

Baca Juga

1. Liga Champions Sungguh Penting bagi AC Milan

Pelatih AC Milan, Stefano Pioli. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo.

FIFA sebetulnya belum secara ofisial mengonfirmasi mengenai ranking, tetapi ada laporan yang dapat dipercaya yang mengeklaim bahwa hasil dari hasil Liga Champions dalam empat tahun terakhir akan menjadi bahan pertimbangan.

Meskipun Juventus tidak mengikuti kompetisi Eropa musim 2023/24, Bianconeri tetap masih lebih diunggulkan menemati Inter Milan di Piala Dunia Klub 2025 ketimbang AC Milan dan Napoli.

Baca Juga

Diukur dari ranking proyeksi, Juventus sudah mengumpulkan 47 poin, sedangkan Rossoneri baru 37 angka dan Partenopei baru 33 poin.

Jika pasukan Stefano Pioli mau tampil di Piala Dunia Klub 2025 mendatang, tentu ada syarat yang harus dipenuhi yang mana laga Liga Champions 2023/24 sungguh penting bagi Tim Merah Hitam.

Ya, dengan memenangi dua laga tersisa di fase grup Liga Champions 2023/24, AC Milan disebut akan melangkahi Juventus. Alternatifnya, lolos ke babak sistem gugur dan mememangi laga tersebut tentu akan menambah poin mereka.

Dengan demikian, Olivier Giroud untuk amannya harus menang atas Borussia Dortmund dan Newcastle United serta memastikan diri lolos ke 16 besar agar kans mereka dapat tempat di Piala Dunia Klub 2025 kian besar.

Baca Juga

Sementara itu, Napoli setidaknya harus lolos sampai perempat final jka ingin menyusul perolehan poin Juventus sehingga AC Milan masih sedikit diuntungkan walaupun setidaknya mereka harus menang dahulu di UCL nanti.

Ada total hadiah menggiurkan sekitar 2,5 miliar euro (sekitar Rp42 triliun) bagi tim yang akan berlaga di Piala Dunia Klub 2025 nanti sebagai ‘oleh-oleh’ mengikuti kompetisi ini di tengah jadwal yang padat.

Hadiah senilai 2 miliar euro (sekitar Rp33,63 triliun) disebut akan dibagikan kepada 32 tim yang sudah memastikan diri akan berlaga di Piala Dunia Klub 2025.

Sehingga, menempuh kualifikasi akan membawa minimal 50 juta euro bagi setiap tim, sementara masih ada bonus menang dan pemenang Piala Dunia Klub 2025 ini akan memperoleh sekitar 100 juta euro.

Maka dari itu, berlaga di Piala Dunia Klub 2025 ini juga penting bagi AC Milan yang mana mereka bisa mendapatkan tambahan dana untuk setidaknya belanja pemain.

Namun, semua bergantung juga pada Stefano Pioli apakah sang pelatih bisa mengantarkan AC Milan lolos ke 16 besar Liga Champions 2023/2024 ini dengan memenangi dua laga tersisa kontra Borussia Dortmund dan Newcastle United.

Baca Juga
Liga ChampionsAC MilanJuventusStefano PioliPiala Dunia Klub

Berita Terkini