x

Jadi Penampil Terbaik vs Frosinone, AC Milan Sukses Aktifkan Tuas Gacor Luka Jovic

Minggu, 3 Desember 2023 19:31 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Partai AC Milan vs Frosinone pada lanjutan Liga Italia (Serie A) 2023/2024, Minggu (03/11/23), jadi panggung Luka Jovic untuk bersinar. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo.

INDOSPORT.COM - Partai AC Milan vs Frosinone pada lanjutan Liga Italia (Serie A) 2023/2024, Minggu (03/11/23), jadi panggung Luka Jovic untuk bersinar.

Sumbangan satu gol dan satu assistnya membuat timnya sukses mendulang kemenangan 3-1 di San Siro sekaligus berpotensi menjadi batu loncatan peroket musim perdananya bersama I Rossoneri.

Baca Juga

Menghadapi Frosinone, AC Milan harus bermain tanpa Olivier Giroud yang masih menjalani sanksi laranga merumput untuk dua laga akibat komentar pedas pada ofisial pertandingan.

Hasilnya Jovic yang sebelum ini belum tampil maksimal tanpa gol maupun assist sejak kedatangannya pada bursa transfer musim panas lalu diandalkan kembali sebagai penyerang tengah.

Pada awalnya AC Milan kesulitan menembus pertahanan Frosinone yang menghuni papan tengah klasemen sementara. Tuan rumah bahkan nyaris kecolongan di beberapa kesempatan.

Beruntung Jovic menjadi penyelamat di waktu yang tepat. Tiga menit jelang waktu normal babak pertama habis, sang bomber Serbia mampu memanfaatkan sapuan yang kurang maksimal dari pemain Frosinone menjadi gol dengan tekhnik voli first-time.

Gol tersebut sekaligus menjadikan eks Real Madrid tersebut sebagai pemain Serbia pertama yang bisa mencetak gol untuk AC Milan.

Baca Juga

Tifosi Merah-Hitam semakin dibuat tidak merasa kehilangan Giroud ketika di babak kedua Jovic menunjukkan jika ia bisa menjadi setter bagi rekan-rekannya.

Tandukannya di tiang jauh meneruskan crossing Theo Hernandez pada menit ke-73 berbuah assist untuk gol Fikayo Tomori sekaligus memastikan kemenangan AC Milan atas Frosinone.

Usai laga, pelatih Stefano Pioli memberikan sanjungan tinggi pada Luka Jovic. Kini dengan kondisi fisik yang mulai stabil, sang allenatore siap memberikan tanggung jawab lebih banyak pada pemain 25 tahun tersebut.

"Luka adalah pemain berkualitas. Fisiknya sudah lebih baik ketimbang satu sampai tiga bulan terakhir sejak ia datang dan itu kenapa sempat ada kesulitan," beber Pioli pada MilanTV.

"Saya rasa ia masih bisa bermain lebih baik lagi. Luka menunjukkan hal positif saat tim mengusai bola dan ketika ia berada di kotak penalti lawan," tambahnya lagi.

Baca Juga

1. Saatnya Beralih dari Giroud ke Jovic?

Pemain AC Milan, Olivier Giroud. (Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo)

Frosinone memang 'cuma' tim papan tengah dengan status baru promosi di Liga Italia 2023/2024 namun performa Luka Jovic dini hari tadi tetap layak diapresiasi.

Ia mampu menjadi man of the match di bawah tekanan publik San Siro yang sudah terbiasa dihibur dengan aksi-aksi apik nan elegan Olivier Giroud.

Baca Juga

Ada baiknya AC Milan dan Stefano Pioli menjadikan hasil positif ini sebagai langkah awal untuk menjadi Jovic sebagai penyerang utama menggantikan Giroud yang semakin menua.

Ada peluang Giroud tidak lagi diperpanjang kontraknya musim depan dan semakin cepat Giroud diintegrasikan ke starting XI reguler, semakin berkurang impact yang dirasakan tim atas kepergian sang bomber gaek.

Jasa Giroud memang tidak bisa begitu saja dilupakan mengingat ia masih top skor AC Milan di Liga Italia 2023/2024 dengan tujuh gol plus tiga asssit dari 10 start saja.

Hanya saja di usia 37 tahun, eks Arsenal dan Chelsea itu bisa cedera dan tidak lagi bisa kembali ke performa terbaik kapanpun juga.

Baca Juga

Itulah kenapa Jovic yang jauh lebih muda harus mulai diandalkan. Melawan Frosinone, ia adalah pemain terbaik versi WhoScored dengan ponten 8,55.

Pioli sudah tepat memainkannya diapit oleh Samuel Chukwueze dan Christian Pulisic karena keduanya bisa membuka ruang dengan skill individu namun mereka juga harus lebih sering memasok umpan pada Jovic yang hanya melepas satu tembakan saja sepanjang 85 menit.

Keinginan Jovic untuk membantu pertahanan patut diacungi jempol karena ia pun dua kali memenangkan tekel juga satu duel udara.

Patut dinantikan bagaimana Stefano Pioli mengkondisikan Luka Jovic setelah performa apik ini. Apakah akan semakin sering diturunkan atau kembali menghangatkan bangku cadangan AC Milan?.

Baca Juga
AC MilanStefano PioliFrosinoneLiga ItaliaLuka JovicIndepth

Berita Terkini