x

Siapa Jenson Seelt? Pemain Berdarah Indonesia yang Masuk Radar Fabrizio Romano

Minggu, 10 Desember 2023 11:50 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Jenson Seelt, pemain keturunan Indonesia yang bermain di Sunderland. Foto: Instagram @jensonseelt.

INDOSPORT.COM - Jenson Seelt menjadi pemain berdarah Indonesia di Liga Inggris, yang ternyata sempat masuk radar Fabrizio Romano dan berpeluang membela Timnas Indonesia.

Siapa yang tidak kenal Fabrizio Romano, sosok jurnalis kenamaan yang memiliki informasi A1 seputar bursa transfer pesepak bola Eropa. Kata-kata andalannya adalah 'here we go'.

Baca Juga

Menariknya, ada satu pemain keturunan Indonesia yang pernah muncul dalam cuitan akun Twitter Fabrizio Romano, ia adalah Jenson Seelt.

Bahkan, Jenson Seelt juga dikabarkan masuk dalam radar Shin Tae-yong untuk naturalisasi menjadi WNI dan membela Timnas Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh mantan Exco PSSI yang mengurusi program naturalisasi, yaitu Hasani Abdulgani dalam kanal YouTube-nya.

Jenson Seelt diketahui mempunyai silsilah keturunan Indonesia dari kakeknya. Konon, kakek Seelt berasal dari Ambon. Hanya saja belum ada konfirmasi resmi soal kabar ini.

Baca Juga

Jenson Seelt saat ini bermain untuk klub liga Inggris Sunderland sebagai bek tengah. Hal ini tentu menjadi tanda tanya masyarakat, bukankah bek naturalisasi sudah terlalu banyak?

Sebut saja Jordi Amat, Sandy Walsh, Elkan Baggott (bukan naturalisasi), lalu yang baru saja disahkan adalah Justin Hubner, dan akan menyusul Jay Idzes hingga Nathan Tjoe-A-Oen.

Rupanya, nama Jenson Seelt sudah masuk dalam radar Shin Tae-yong jauh sebelum Jay Idzes dan Nathan diproses untuk naturalisasi.

Namanya muncul bersamaan dengan wacana Shin Tae-yong untuk naturalisasi Ivar Jenner dan Justin Hubner jelang Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga

1. Alasan Jenson Seelt Batal Bela Timnas Indonesia

Jenson Seelt, pemain keturunan Indonesia yang bermain di Sunderland. Foto: Instagram @jensonseelt.

Beberapa waktu lalu, Indonesia harusnya tampil di Piala Dunia U-20 2023 sebagai tuan rumah. Guna menambah kekuatan tim, Shin Tae-yong ingin naturalisasi pemain muda.

Awalnya, Shin Tae-yong ingin menaturalisasi Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Jenson Seelt. Tetapi karena Seelt masih ragu untuk menjadi WNI, ia pun digantikan dengan Rafael Struick.

Baca Juga

Dalam prosesnya, Justin Hubner ikut ragu untuk naturalisasi, lantaran ia juga sempat dipanggil seleksi di Timnas Belanda U-20.

Namun seiring waktu, Piala Dunia U-20 batal di Indonesia. Ivar Jenner dan Rafael Struick lanjut naturalisasi, dan Justin Hubner baru menyusul belakangan ini.

Hanya Jenson Seelt yang sampai saat ini masih ragu, dan besar kemungkinan ia tidak akan dilanjut karena sudah banyak pemain naturalisasi di posisi bertahan.

"Terus terang saya katakan bahwa Jenson Seelt dari awal mengatakan dia tidak siap untuk menjadi pemain Timnas Indonesia," kata Hasani Abdulgani dalam YouTube-nya.

Baca Juga

Jenson Seelt memulai karier sepak bola saat bergabung dengan tim kelompok usia NEC Nijmegen. Setelah itu, dia pindah ke PSV Eindhoven, salah satu klub elit di Belanda.

Jenson Seelt tampil cukup menonjol di PSV Eindhoven. Pada musim 2022/2023 lalu, Seelt yang baru berusia 19 tahun tampil di 33 laga bersama Jong PSV di Eerste Divisie (kasta kedua Belanda).

Setelah performa apik itu, Sunderland lalu membuat penawaran transfer untuk Jenson Seelt. Dia dibeli dengan harga €2 juta pada awal musim 2023/2024, cukup mahal untuk klub yang bermain di Divisi Championship.

Fabrizio Romano menyebut Jenson Seelt juga sempat diminati Burnley yang bermain di Liga Inggris (Premier League). Namun, tawaran itu ditolak oleh kubu PSV.

Baca Juga
NaturalisasiTimnas IndonesiaIn Depth SportsProfil Atlet dan FotoprofilBerita Timnas IndonesiaFabrizio RomanoIndepth

Berita Terkini