x

Bedah Formasi Mengerikan AC Milan dengan Duet Pelatih Ignazio Abate - Ibrahimovic

Senin, 11 Desember 2023 17:26 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Marko Lazetic saat bersama Alexis Saelemaekers dan Zlatan Ibrahimovic di AC Milan. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo.

INDOSPORT.COM - Klub raksasa Liga Italia (Serie A), AC Milan bakal memiliki formasi mengerikan bila sukses menduetkan Ignazio Abate dan Zlatan Ibrahimovic sebagai pelatih sementara.

Isu pemecatan Stefano Pioli semakin santer seusai AC Milan menelan kekalahan 2-3 dari Atalanta di lanjutan pekan ke-15 Liga Italia 2023-2024.

Baca Juga

Zlatan Ibrahimovic akan dipasangkan dengan Ignazio Abate selaku pelatih tim Primavera I Rossoneri untuk berperan sebagai caretaker kembar di AC Milan.

Isu ini dihembuskan oleh media La Republica yang mengklaim jika posisi Pioli kini sudah sangat goyah di San Siro.

Apabila AC Milan kalah lagi melawan Newcastle United di ajang Liga Champions pada Kamis (14/12/23) mendatang, maka surat PHK akan langsung diberikan pada juru taktik 58 tahun tersebut.

Kontrak Pioli memang masih berlaku sampai Juni 2025 dan ia sudah sukses mengantarkan trofi Liga Italia 2021/2022 namun belakangan performa tim asuhannya menurun tajam.

Dalam 10 laga terakhir, tim berjulukan Rossoneri hanya punya tiga kemenangan dan menelan empat kekalahan.

Terbaru Christian Pulisic dan kolega digebuk Atalanta 3-2 pada pekan ke-15 Liga Italia, Minggu (10/12/23), lalu.

Alhasil gap poin dengan Inter Milan dan Juventus sebagai pesaing utama menuju titel Scudetto kian melebar meski AC Milan masih duduk di posisi ketiga klasemen sementara.

Tidak heran jika kemudian Zlatan Ibrahimovic dikabarkan akan turun gunung namun dengan jabatan sebagai allenatore sementara usai baru pensiun dari sepakbola profesional musim lalu bersama AC Milan.

Awalnya Ibrakadabra akan dipromosikan sebagai bagian dari direksi dengan tugas sebagai penghubung pemain dengan manajemen. Akan tetapi sepertinya kini ia malah harus banting stir menggantikan Stefano Pioli di kursi pelatih kepala.

Baca Juga

Penunjukan Zlatan Ibrahimovic dan Ignazio Abate sebagai pelatih kepala sementara kemungkinan akan memberikan dampak positif.

Zlatan Ibrahimovic yang memiliki pengalaman sebagai striker bisa menjadi mentor bagi lini depan AC Milan. Kemudian Ignazio Abate bisa lebih leluasa dalam menerapkan formasi andalannya yakni 4-3-3 menyerang.

Berikut INDOSPORT akan merangkum formasi mengerikan AC Milan dengan duet pelatih Ignazio Abate dan Zlatan Ibrahimovic:

Baca Juga

1. Bedah Formasi AC Milan di Bawah Kendali Abate dan Ibrahimovic

Pelatih AC Milan Primavera, Ignazio Abate

Adanya Ignazio Abate menbuat AC Milan akan beralih formasi dari yang sebelumnya 4-2-3-1 andalan Stefano Pioli menjadi 4-3-3.

Meski Ignazio Abate dan Zlatan Ibrahimovic datang, tetapi sepertinya tidak ada belanja yang bisa mereka lakukan lantaran AC Milan sedang mengalami krisis. Apalagi belum jelas sampai kapan mereka bakal menjadi pelatih sementara.

Baca Juga

Oleh sebab itu, kami akan merancang formasi AC Milan dengan komposisi pemain untuk saat ini. Untuk posisi penjaga gawang, masih ada Mike Maignan yang menjadi andalan.

Pada pos bek tengah, dua nama sulit tergantikan yaitu Fikayo Tomori dan Malick Thiaw. Keduanya telah jadi bek tangguh dalam beberapa musim terakhir.

Di sektor bek kiri, ada The Hernandez meski musim ini kemampuannya tengah menurun. Musim lalu, ia tampil sangat apik di sisi kiri pertahanan Rossoneri.

Tak jarang juga Theo Hernandez malah mencetak gol. Ketajamannya itu dibuktikan dengan torehan 4 gol dan 5 assist musim lalu di semua kompetisi.

Baca Juga

Di sektor bek kiri, ada Davide Calabria. Sang pemain sulita tergantikan di bek kanan karena performanya cenderung stabil, ditambah lagi ia mengemban ban kapten.

Kemudian di posisi tengah, trio Ruben Loftus-Cheek, Tijjani Reijnders dan Yunus Musah akan jadi andalan Pioli. Ketiga sudah terbukti tangguh dalam menjaga lapangan tenga.

Sedangkan di lini depan, AC Milan masih mengandalkan satu penyerang dan dua penyerang sayap mereka adalah Rafael Leao, Christian Pulisic dan Olivier Giroud.

Baca Juga
AC MilanZlatan IbrahimovicLiga ItaliaIgnazio Abate

Berita Terkini