PB ISSI Rencanakan Gelar Balapan di Sirkuit Mandalika

Kamis, 22 Oktober 2020 11:40 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor:
© Twitter/MotoGP
Desain Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021. Copyright: © Twitter/MotoGP
Desain Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021.

INDOSPORT.COM – Ikatan Sports Sepeda Indonesia (ISSI) berencana akan menggelar ajang balap sepeda bertajuk UCI Grand Fondo Mandalika pada 2021 di sirkuit Mandalika.

Hal ini disampaikan oleh  Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sports Sepeda Indonesia (PB ISSI), Raja Sapta Oktohari mengatakan pihaknya tengah mengupayakan penyelenggaraan ajang balap sepeda tersebut

Kegiatan ini nantinya diharapkan bisa berjalan beriringan dengan digelarnya ajang balap motor premier MotoGP 2021 di sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Kami sedang mengusahakan untuk UCI Grand Fondo Mandalika bisa menjadi pre-event atau post-event dari MotoGP di Indonesia,” kata Oktohari, dilansir dari laman Antara.

“Semua kegiatan PB ISSI ini salah satu tujuannya adalah untuk menghidupkan kembali kegiatan outdoor, terutama event balap sepeda yang sempat sepi akibat COVID-19," tambahnya.

Selain UCI Grand Fondo Mandalika, PB ISSI juga siap kembali menggelar ajang balap sepeda yang sempat terganggu pada tahun ini, antara lain Tour de Indonesia, Tour de Singkarak, Tour de Ijen, dan Tour de Siak.

Keinginan untuk menggelorakan event olahraga pascapandemi itu sesuai dengan pesan Presiden Joko Widodo dalam sambutannya saat perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-37 pada 9 September lalu.

Event olahraga diyakini bisa membuka peluang besar bagi Indonesia untuk mengembangkan industri pariwisata sektor olahraga atau sport tourism. Apalagi sport tourism saat ini telah menjadi tren pariwisata baru di sejumlah negara yang dapat membuka industri pasar global.

Melalui sport tourism juga bisa memberikan efek multiplier atau dampak ekonomi berganda dengan pemanfaatan dan pengembangan olahraga luar ruang atau alam.

“Target pasar tak hanya pasar nasional tapi pasar global. Olahraga buka peluang besar bagi Indonesia untuk kembangkan sport tourism. Sport tourism jadi tren baru yang pasarnya sangat luas, yang akan berikan multiplayer effect pada perekonomian," kata Jokowi.

“Kita punya tempat pengembangan sport tourism dari danau, laut, dll, hal ini bisa dimanfaatkan untuk acara olahraga, dari menyelam, sepeda, atletik, dan olahraga rekreatif lainnya. Peluang olahraga ini akan lebih besar setelah pandemi nanti, olahraga di alam bebas. peluang ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya,” tukasnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%