MotoGP

Unik dan Berbeda, Inilah Keistimewaan Sirkuit Mandalika Untuk MotoGP 2021

Rabu, 30 September 2020 16:15 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021 akan menjadi salah satu venue balapan yang memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri. Copyright: © INDOSPORT
Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021 akan menjadi salah satu venue balapan yang memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri.

INDOSPORT.COM – Kejuaraan MotoGP 2021 dipastikan akan semakin menarik karena kehadiran sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan venue lainnya.

Hal ini diungkapkan oleh Dyan Dilato selaku Kepala Operasi Olahraga Mandalika Grand Prix Association (MGPA), yang menjelaskan perbedaan street circuit Mandalika dengan circuit street yang lainnya.

Melansir dari video singkat MGPA, jika venue lainnya merupakan jalanan biasa yang dibuat sebagai sirkuit seperti Formula 1 (F1) GP Monako, Singapura dll, namun Mandalika sebaliknya yakni sirkuit yang bisa digunakan untuk jalanan biasa.

Meski demikian sirkuit Mandalika tetap layak dipakai untuk balap motor, karena faktor safety yang menjadi prioritas telah terpenuhi karena ada area run off yang telah didesain sebelum sirkuit di bangun, bagaimana evacuation atau safety route untuk mengevakuasi jika adanya insiden maupun bencana.

Dyan Dilato juga menyatakan bahwa sirkuit Mandalika merupakan street circuit pertama di dunia, yang dihomologasi untuk kejuaraan MotoGP dan WSBK, serta merupakan kawasan wisata berintegritas yang sangat indah lengkap dengan pemandangan pantai pasir putih dan perbukitan.

Selain itu karakteristiknya sangat seimbang, karena mempunya 17 tikungan dengan sembilan tikungan ke kiri dan delapan ke kanan, yang memberikan keuntungan karena tidak membuat ban habis di satu sisi saja.

Dyan Dilato menuturkan ada tiga titik hard breaking yakni di Turn 1, 10 dan 16, selebihnya hanya sedikit engine brake dan lebih flowing (mengalir). Artinya akan lebih banyak aksi overtaking dan hiburan kepada para penonton.

Tak hanya itu, para pembalap tidak melulu mengandalkan top speed. Melainkan kombinasi dari top speed, suspensi, settingan motor dan kemampuan dari para rider.

Jika ditilik, maka secara lokasi Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021 mirip dengan Sirkuit Philip Island, Australia. Namun berkarakteristik sirkuit cepat mirip Sirkuit Red Bull Ring, Austria.