MotoGP

Tengah Uji Coba Pengaspalan, Begini Penampakan Sirkuit Mandalika

Kamis, 27 Agustus 2020 11:51 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Berikut penampakan perkembangan sirkuit Mandalika untuk gelaran kejuaraan MotoGP Indonesia 2021, di mana telah sampai tahap uji coba pengaspalan. Copyright: © INDOSPORT
Berikut penampakan perkembangan sirkuit Mandalika untuk gelaran kejuaraan MotoGP Indonesia 2021, di mana telah sampai tahap uji coba pengaspalan.

INDOSPORT.COM – Berikut penampakan perkembangan sirkuit Mandalika untuk gelaran kejuaraan MotoGP Indonesia 2021, di mana telah sampai tahap uji coba pengaspalan.

Melansir dari unggahan akun Instagram Mandalika Grand Prix Association (MGPA), pembangunan Mandalika International Street Circuit masih tetap berlangsung dan tengah dikebut oleh pemerintah.

Diketahui saat ini sedang dikerjakan uji coba (trial) Lapisan Subgrade yang merupakan lapisan perkerasan berbutir atau yang biasa di sebut Lapis Pondasi Atas (LPA), sebelum tiga lapisan aspal di atasnya. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by MGPA Official #IndonesianGP (@themandalikagp) on

Tebal dari Lapisan Subgrade ini adalah 22cm, pelaksanaan trial ini dilakukan di lokasi inner service road dengan metode penghamparan 2 layer.

Tujuannya ialah untuk menentukan beberapa parameter dalam pelaksanaan pekerjaan Lapis Subgrade seperti besaran kadar air yang dibutuhkan, dalam pelaksanaan pemadatan dan jumlah lintasan dari alat berat pemadat yang dibutuhkan untuk mendapatkan kepadatan maksimum sesuai dengan spesifikasi yang dipersyaratkan. 

Pelaksanaan uji coba dan pelaksanaan pekerjaan Lapisan Subgrade ini juga mempertimbangan dan mengacu pada kaidah teknis yang sudah ditentukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam pelaksanaan item-item pekerjaan Jalan Tipe Perkerasan Lentur.

Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer sendiri telah menyampaikan bahwa tahap pembangunan sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021 telah mencapai 60 persen.

Rincian land clearing seluas 429.175 m2 atau 81,77 persen, pemasangan pagar beton precast keliling sepanjang 5.502 m atau 88,03 persen, galian tanah track sepanjang 239.065 m atau 95,45 persen, timbunan tanah mencapai 225.846 m3 atau 64,78 persen, dan ground improvement seluas 5.481 m2 atau 33,14 persen.
 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
17%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%