MotoGP

MotoGP Mandalika 2021 Tetap Berjalan Sesuai Rencana

Kamis, 20 Agustus 2020 14:53 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Persiapan kejuaraan MotoGP yang berlangsung di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok Tengah tetap berlangsung sesuai rencana di tengah pandemi virus corona Copyright: © INDOSPORT
Persiapan kejuaraan MotoGP yang berlangsung di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok Tengah tetap berlangsung sesuai rencana di tengah pandemi virus corona

INDOSPORT.COM – Persiapan kejuaraan MotoGP yang berlangsung di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok Tengah tetap berlangsung sesuai rencana meski di tengah pandemi virus corona (COVID-19).

Hal itu disampaikan Gubernur NTB, H Zulkifliemansyah yang mengakui, adanya COVID-19 menyebabkan kinerja persiapan MotoGP tidak segesit sebelumnya. Sebab, pemerintah harus beradaptasi dengan sesuatu yang baru. Meski demikian, Lombok tetap siap untuk menjadi tuan rumah MotoGP 2021.

"Insyaallah, Oktober 2021, kita akan menjadi tuan rumah MotoGP yang pertama di Indonesia," kata H Zulkifliemansyah, dilansir dari laman Antara.

Selain itu Gubernur juga menjelaskan bahwa sebagai pemerintah daerah bertugas untuk memfasilitasi dan membantu menyediakan lingkungan yang kondusif dan nyaman.

"Karena ini prioritas utama, jadi Menteri Pekerjaan Umum memprioritaskan misalnya bandara, itu nanti adanya perpanjangan landasan," kata Gubernur NTB.

Selain melakukan perbaikan bandara, pemerintah juga akan membuat jalan penghubung dari bandara yang langsung menuju Mandalika serta menjadikan pelabuhan sebagai pelabuhan internasional. Hal tersebut dilakukan pemerintah pusat sebagai bentuk perhatiannya terhadap KEK Mandalika.

"Jadi kalau perhatian pemerintah pusat itu luar biasa. Bandara, jalan raya kemudian pelabuhan dan banyak aspek-aspek yang lain itu dikepung, dikerjakan oleh banyak BUMN kita," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur juga memperkenalkan sepeda motor listrik buatan anak NTB, antara lain NgebUTS dan Le-bui.

"Nantinya, motor ini akan menjadi kendaraan resmi di Sirkuit Mandalika," katanya.

Selain itu, pembangunan sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021 telah memasuki pembersihan lahan, tanpa perlu khawatir lagi dengan gangguan sengketa lahan.