MotoGP

Pelabuhan Gili Mas Siap Beroperasi Untuk Ramaikan MotoGP Mandalika 2021

Minggu, 16 Agustus 2020 15:35 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Sirkuit Mandalika. Copyright: © INDOSPORT
Sirkuit Mandalika.

INDOSPORT.COM - Pelabuhan Gili Mas, Nusa Tenggara Barat (NTB), siap beroperasi untuk ikut meramaikan kejuaraan MotoGP 2021 yang akan digelar di Sirkuit Mandalika.

Pelabuhan milik Pelindo III itu siap dioperasikan akhir tahun nanti, dan siap menyambut kedatangan para penonton MotoGP 2021 yang datang melalui jalur laut dengan kapal pesiar.

"Kami siap menyambut kedatangan para penonton Moto GP 2021 yang datang melalui jalur laut dengan kapal pesiar, fasilitas yang kami miliki saat ini memungkinkan untuk kapal bersandar," kata CEO Pelindo III Regional Bali Nusa Tenggara I Wayan Eka Saputra, dilansir dari laman Antara.

I Wayan Eka setelah menerima laporan pembangunan terminal pelabuhan Gili Mas secara daring mengakui terminal dengan kapasitas mencapai 1.500 penumpang itu nantinya akan menjadi terminal penumpang kapal pesiar dengan fasilitas internasional yang datang ke Pulau Lombok.

"Oleh karena itu Pelindo III memastikan siap menyambut kedatangan para penonton Moto GP 2021, yang salah satu serinya akan mengambil tempat di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat," katanya.

Menurut Wayan, penyelesaian pembangunan Terminal Gili Mas menunjukkan komitmen Pelindo III dalam upaya pengembangan pariwisata daerah.

Sebelum dibangun Terminal Gili Mas, kapal pesiar yang datang di Pulau Lombok masuk melalui Pelabuhan Lembar dengan fasilitas yang terbatas dan kapal pesiar, kata dia, tidak dapat bersandar di Pelabuhan Lembar karena terkendala alur pelayaran.

“Sebelum ada Terminal Gili Mas, kapal pesiar harus berlabuh di tengah laut, penumpang turun menggunakan kapal kecil, tentunya ini mengurangi kenyamanan para wisatawan,” tambahnya.

Sementara itu Terminal Gili Mas dilengkapi dengan dermaga sepanjang 440 meter dengan kedalaman alur pelayaran mencapai -14 meter LWS.

"Dengan fasilitas tersebut, Terminal Gili Mas dapat menerima kapal pesiar dengan kapasitas 3.000 penumpang. Bahkan Terminal Gili Mas dapat digunakan untuk bertambat dua kapal pesiar dalam waktu bersamaan," katanya.

Pelindo III mencatat kunjungan kapal pesiar ke Lombok terus mengalami tren positif dalam kurun lima tahun terakhir. Pada 2020 tercatat sebanyak 23 kapal pesiar yang dijadwalkan masuk ke Pelabuhan Lembar.

Dari jumlah tersebut sebanyak enam kapal sudah datang sebelum pandemi virus corona, 11 kapal menyatakan batal berkunjung, sementara enam kapal lainnya masih belum memberikan kepastian dikarenakan wabah belum mereda.