Tour de Ambarrukmo 2022, Cara Polygon Dukung Sektor Pariwisata Yogyakarta

Selasa, 30 Agustus 2022 17:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Tour De Ambarrukmo 2022
Tour De Ambarrukmo 2022 yang bertepatan pada HUT RI ke-77 tahun semakin berwarna merah putih dan persatuan di Plaza Ambarukmo, Yogyakarta, pada 17-21 Agustus 2022. Copyright: © Tour De Ambarrukmo 2022
Tour De Ambarrukmo 2022 yang bertepatan pada HUT RI ke-77 tahun semakin berwarna merah putih dan persatuan di Plaza Ambarukmo, Yogyakarta, pada 17-21 Agustus 2022.

INDOSPORT.COM - Membawa semangat kemerdekaan dan local pride, ajang balap sepeda Antangin Tour De Ambarrukmo 2022 yang bertepatan pada HUT RI ke-77 semakin berwarna merah putih dan persatuan di Plaza Ambarukmo, Yogyakarta, pada 17-21 Agustus 2022.

Selain eksibisi, digelar juga acara bersepeda bersama dengan tujuan untuk mengenalkan potensi wisata alam, budaya dan kuliner Yogyakarta melalui kegiatan cycling tourism, serta membantu pemulihan perekonomian Yogyakarta. 

“Dengan kegiatan ini kami berharap durasi tinggal wisatawan bertambah dari rata-rata 2 hari 1 malam menjadi 3 hari 2 malam. Harapannya mereka punya banyak waktu untuk menjelajah Yogyakarta,” kata Marketing Manager Plaza Ambarrukmo, Indra Gunawan, Sabtu (28/8/22). 

Tercatat, sebanyak 1.350 pesepeda terlibat dalam acara gowes Antangin Tour De Ambarukmo ini. Dimulai dari kawasan Plaza Ambarrukmo, menuju wilayah Kabupaten Kulon Progo untuk beristirahat di Danau Sermo. 

Dilanjutkan melewati kawasan bukit Menoreh untuk menuju Lapangan Tempel Kabupaten Sleman, melintasi kawasan perkebunan salak Turi untuk menuju Lapangan Siwa Candi Prambanan. 

Berikutnya kembali di kawasan Plaza Ambarrukmo untuk mengambil medali finisher dan makan siang dengan sajian kuliner khas Yogyakarta di area Pendopo Agung Royal Ambarrukmo.

“Baru pertama kali ikut TDA, dengan jarak 137 KM rute TDA bagus sih. Bisa dinikmati, enjoy banget karena jalanan bagus dan pemandangannya juga,” ungkap juara 1 KOM Challenge Tour de Ambarrukmo, Haris Prasojo, yang menggunakan Polygon Helios A7. 

Baginya, selain KOM challenge, yang paling mengesankan adalah di check point ketiga yaitu Candi Prambanan. “Jarang-jarang bisa masuk Prambanan bersama sepeda,” tambahnya sembari tertawa.

Menjadi official bike sponsor dalam kegiatan ini, Polygon sebagai brand sepeda asal Indonesia mendukung visi dan apa yang dilakukan Ambarrukmo dan Antangin. 

Bagaimana tidak? Brand anak bangsa dan banyak UMKM diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya mereka masing-masing baik melalui pameran maupun main event ke ribuan hingga jutaan orang. “

“Kami merasa Tour de Ambarrukmo adalah contoh baik yang perlu didukung dan ditiru di berbagai tempat lain. ,” ungkap  Brand Marketing Polygon Bikes, Veronica Vivin. 

"Sebab kegiatan ini dapat menyumbang dari segi sektor pariwisata maupun perekonomian suatu daerah. Tour de Ambarrukmo sukses membawa pesepeda; kami semua, ingin kembali lagi ke Jogja Istimewa,” tutup Vivin.