Nama Indonesia Bergaung di Balapan Sepeda Paling Bergengsi di Asia, Tour de Langkawi 2022

Senin, 31 Oktober 2022 05:07 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Polygon Cycling Team
Le Tour de Langkawi 2022. (Foto: Polygon Cycling Team) Copyright: © Polygon Cycling Team
Le Tour de Langkawi 2022. (Foto: Polygon Cycling Team)

INDOSPORT.COM - Kejuaraan balap sepeda, Le Tour de Langkawi 2022 telah rampung pada 18 Oktober lalu di Malaysia. Pembalap Kolombia, Ivan Ramiro Sosa (Movistar) berhasil membawa pulang gelar juara overall.

Dari segi rating, ajang balap sepeda di Negeri Jiran ini paling tinggi di kawasan Asia karena diikuti enam tim UCI World Teams atau Divisi 1 seperti UAE Team Emirates (UEA).

Cofidis (Prancis), Lotto Soudal (Belgia), EF Education-EasyPost (AS), Movistar Team (Spanyol), dan Astana Qazaqstan Team (Kazakhstan).

Para pembalap yang datang pun cukup memiliki nama. Sebut saja rider veteran Thomas de Gendt (Lotto-Soudal), Esteban Chaves (EF Education-EasyPost), Hugh Carthy (EF Education-EasyPost), dan George Bennett (UAE Team Emirates).

Le Tour de Langkawi 2022 merupakan balapan kategori 2.Pro yang menghadirkan delapan etape dengan panjang keseluruhan rute 1.096,9 kilometer. 

Gelar pebalap sepeda dengan waktu tercepat menyelesaikan lomba secara individual atau penyandang jaket kuning Le Tour de Langkawi (LTDL) 2022 di Malaysia diraih Ivan Ramiro Sosa dari tim Movistar. 

Sosa menyelesaikan Le Tour de Langkawi dalam waktu 25 jam 54 menit untuk menyelesaikan 8 etape.

Sementara itu raja poin sprint atau jaket hijau disandang oleh Erlend Blikra dari tim Uno X-Pro Cycling dengan nilai 49 poin.

Selanjutnya raja tanjakan atau 'King of Mountain' diraih oleh Mohd Arif Aiman dari tim Terengganu Polygon Cycling (TSG), Malaysia dengan simbol jaket merah dengan 29 poin.