Komunitas Sehat

Tips Bersepeda untuk Pemula Ala Bike To Work Indonesia

Senin, 31 Oktober 2022 21:30 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
© Bike To Work
Menjadi wadah untuk penggemar sepeda di Tanah Air, Bike To Work Indonesia tentu sangat peduli akan hal-hal yang berkaitan dengan olahraga roda dua tersebut. Copyright: © Bike To Work
Menjadi wadah untuk penggemar sepeda di Tanah Air, Bike To Work Indonesia tentu sangat peduli akan hal-hal yang berkaitan dengan olahraga roda dua tersebut.

INDOSPORT.COM – Menjadi wadah untuk penggemar sepeda di tanah air, Bike To Work Indonesia tentu sangat peduli akan hal-hal yang berkaitan dengan olahraga roda dua tersebut.

Salah satunya yakni mengenai kiat-kiat bersepeda yang baik dan aman untuk para pemula yang ingin serius menekuni olahraga gowes.

Ketua Umum Bike To Work Indonesia bernama Fahmi, memberikan sejumlah tips bagi pesepeda pemula yang ingin menggeluti kegiatan bersepeda.

Fahmi sendiri sudah gemar menunggangi transportasi roda dua sejak kecil, kemudian mulai aktif berkecimpung di komunitas sepeda.

Kemudian saat ini, dirinya bersama Bike To Work Indonesia bertekad ingin semakin mengembangkan olahraga sepeda di Indonesia.

Tips yang dibagikan oleh Fahmi untuk para pesepeda pemula diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Gunakan sepeda sesuai dengan postur tubuh, setiap sepeda memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda pada setiap jenisnya. Ketika memilih sepeda kita harus menyesuaikan dengan postur tubuh kita agar mudah dikendalikan.

2. Pelajari mengenai bagian-bagian sepeda dan fungsinya, minimal kita harus tahu bagaimana cara mengoper gigi atau percepatan baik pada saat jalan datar, menanjak, menurun, serta memahami cara pengereman yang aman baik menggunakan rem depan ataupun belakang.