x

Selitangs, Paguyuban Sepeda Lipat Tangerang dan Sekitarnya yang Punya Hobi Ngopi

Sabtu, 3 Desember 2022 21:19 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Isman Fadil
Komunitas Sepeda Lipat Tangerang Selatan (Selitangs). (Foto: Selitangs Community)

INDOSPORT.COM – Fenomena bersepeda atau gowes bareng kian semarak di beberapa daerah yang berada di Indonesia.

Jenis sepeda yang cocok digunakan untuk daily activity atau sekedar berolahraga di kala libur pun beragam.

Baca Juga

Salah satunya ialah jenis sepeda lipat yang memiliki model unik dan sangat mudah dibawa berpergian.

Komunitas Sepeda Lipat Tangerang dan Sekitarnya atau yang akrab disebut Selitangs menjadi satu dari sekian banyak sekumpulan pecinta sepeda. Selitangs berdiri sejak 9 September 2017 silam.

Baca Juga

Berdirinya komunitas sepeda lipat asal kota benteng ini diawali dengan kegiatan gowes bareng dengan rute United Alam Sutera, Tangerang, menuju Rumah Kebun Pranaya di Kabupaten Tangerang.

Hingga sekarang, paguyuban ini masih berdiri dengan jadwal kopar rutin setiap satu bulan sekali di Taman Kesehatan, Tangerang.

Baca Juga

“Kopdarnya mengangkat tema Ngobras, yaitu ngobrol ngopi bareung ala Selitangs,” kata Alip Purwanto, Ketua Umum Selitangs kepada awak INDOSPORT.com, Kamis (01/12/22).

Dikatakan Alip, saat ini Komunitas Selitangs sudah dihuni oleh 400 member di WhatsApp Grup.

Baca Juga

Komunitas yang satu ini juga memiliki dua media sosial yang aktif yakni laman resmi Facebook dengan jumlah pengikut sebanyak 3795 dan Instragram dengan jumlah followers 1497.

“Tidak ada persyaratan khusus untuk join menjadi keluarga Selitangs, tetapi untuk bisa masuk WhatsApp Grup harus pernah ikut kopdar dan gobar (gowes bareng) 1 kali,” jelas pria yang akrab disapa kang AL itu.


1. Saling Dukung Bisnis Para Anggota

Komunitas Sepeda Lipat Tangerang Selatan (Selitangs). (Foto: Selitangs Community)

Rasa solidaritas dari komunitas Selitangs salah satunya dibuktikan dengan program yang mereka miliki yakni yang bertajuk Segoku.

Segoku sendiri merupakan singkatan dari Selitangs Gowes Kuliner, yang dimana kebanyakan tempat kuliner yang dituju merupakan bisnis dari para member Selitangs.

Baca Juga

Hal tersebut merupakan salah satu upaya sesama anggota dalam memberi dukungan kepada rekan-rekan sejawatnya yang tengah merintis bisnis kuliner.

Selain itu, Selitangs juga memiliki program bernama Long Ride yakni kegiatan gowes bareng ke beberapa tempat wisata.

Baca Juga

Kegiatan Long Ride sendiri sudah pernah dilakoni oleh Selitangs dengan beberapa rute tujuan seperti Geopark Ciletuh, Sky Bridge Sukabumi, dan daerah-daerah wisata lainnya di kota bogor dan banten.

Komunitas Selitangs juga kerap menjalankan event tahunan seperti KOM dan QOM, yang dimana pada bulan ini akan kembali digelar.

Baca Juga

“Ini terkait event tahunan Selitangs Tour De Baduy pada tanggal 10-11 Desember 2022 mendatang, yaitu kegiatan gowes dari Tangerang ke Badui,” jelas kang AL.

Sementara itu pada tahun ini, sejatinya komunitas Selitangs sudah menggelar dua event yang cukup menggelegar.

Baca Juga

Pertama yakni pada 29 Januari 2022 dengan tajuk event One Day Ride 300 km, yakni kegiatan Gowes dengan start rute dari Tangerang sejauh 300 km dengan COT 24 jam.

Kemudian yang kedua, pada 3-4 September 2022, Komunitas Selitangs mengadakan event Banten loop+ 500 km.

Event tersebut merupakan kegiatan gowes sejauh 500 km dengan COT 48 jam dengan route Tangerang-Bogor-Sukabumi-Lebak-Cilegon-Tangerang.

Komunitas SehatSepeda

Berita Terkini