Disaksikan Wapres RI, Indonesia Raih 4 Emas di Test Event Taekwondo

Sabtu, 10 Februari 2018 22:22 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Muhammad Ginanjar/Indosport
Ilustrasi, Taekwondo di Jawa Barat. Copyright: © Muhammad Ginanjar/Indosport
Ilustrasi, Taekwondo di Jawa Barat.

Kontingen taekwondo Indonesia berhasil meraih empat medali emas pada ajang test event Asian Games 2018 kategori poomsae atau artistik di JIExpo Kemayoran Hall B, Jakarta, Sabtu (10/02/18). Dalam kesempatan itu hadir juga Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi serta Ketua Umum Persatuan Taekwondo Indonesia, Letjen TNI (Purn) Marciano Noorman.

Empat medali emas tersebut disumbangkan dari empat nomor poomsae yakni perorangan putra melalui Muhammad Alfi Kusuma yang unggul (117,2-114,7) dari atlet Hong Kong Cheuk Yin Choy. Selanjutnya emas kedua disumbangkan oleh Defia Rosmaniar yang mampu mendapat poin lebih dari wakil Malysia Khim Wen Yap (119,8-113,7).

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla didampingi Menpora Imam Nahrawi, Ketua Inasgoc Erick Tohir dan Ketua Inapgoc Raja Sapta Oktohari foto bersama dengan perwakilan atlet. (INDOSPORT/Herry Ibrahim) Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimWakil Presiden RI, Jusuf Kalla didampingi Menpora Imam Nahrawi, Ketua Inasgoc Erick Tohir dan Ketua Inapgoc Raja Sapta Oktohari foto bersama dengan perwakilan atlet. (INDOSPORT/Herry Ibrahim)

Dua emas lainnya disumbangkan tim putra dan tim putri dalam nomor beregu. Tim putra Indonesia berhasil berdiri di podium utama usai mengalahkan tim Hong Kong (104,6-97,8). Sementara tim putri Indonesia mengungguli poin tim India 104,0-91,6.

Dengan perolehan empat medali dari kategori poomsae, saat ini Indonesia memimpin dalam perolehan medali cabang taekwondo. Di tempat kedua ada Hong Kong dengan dua perak dan satu perunggu, yang disusul India di posisi tiga dengan satu perak dan dua perunggu. Selanjutnya Malaysia yang mengumpulkan satu perak berada di peringkat empat dan di posisi terakhir di klasemen sementara ada Laos dengan dua perunggu.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Presiden, Jusuf Kalla mengalungkan medali untuk kelas beregu pria Indonesia yang meraih emas, Hong Kong meraih perak, dan medali perunggu diraih atlet India. Usai menyaksikan uji coba tersebut, Jusuf Kalla lantas melanjutkan peninjauan ke Wisma Atlet Kemayoran.