Harumkan Nama Indonesia, David Jacobs Dinilai Layak Dimakamkan di TMP Kalibata

Sabtu, 29 April 2023 18:27 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© NPC Indonesia
David Jacobs Kalahkan Luka Bakic di Paralimpiade Copyright: © NPC Indonesia
David Jacobs Kalahkan Luka Bakic di Paralimpiade

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PP PTMSI, Oegroseno, memohon kepada Menpora Dito Ariotedjo agar mengusulkan mendiang atlet tenis meja David Jacobs diberikan kehormatan untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta. 

Pasalnya, David Jacobs sudah berulang kali mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia di arena internasional melalui olahraga tenis meja, mulai dari ASEAN Para Games, Asian Para Games, hingga Paralimpiade. 

"Prinsipnya Menpora bisa mengusulkan kepada pemerintah pusat, dalam hal ini Presiden Joko Widodo," kata Oegroseno di Jakarta, Sabtu, (29/4/23). 

"Agar almarhum David Jacobs mendapat gelar kehormatan Putera Terbaik Bangsa, lalu berhak mendapatkan Bintang RI atau Bintang Maha Putera, sehingga berhak pula dimakamkan di Taman Makam Pahlawan," cetusnya. 

Sekadar mengingatkan, David Jacobs adalah atlet tenis meja disabilitas yang telah mengukir prestasi gemilang (ranking 2 dunia). Dia tutup usia di Rumah Sakit Husada Jakarta, Jumat (28/4/23) dini hari. 

Namun, meninggalnya David Jacobs yang sebelumnya ditemukan di sisi rel kereta api  kawasan stasiun Juanda itu masih diselimuti misteri karena banyak kejanggalan. Kasusnya kini sedang dalam penanganan pihak kepolisian. 

Menurut Oegroseno, dengan sederet prestasi internasional yang ditorehkan almarhum David Jacobs seperti medali perunggu Paralimpiade Tokyo 2020, sangat wajar dan layak bila negara memberikannya penghargaan istimewa. 

"Dengan kemampuan fisiknya yang terbatas, almarhum menunjukkan semangat juang untuk mengharumkan nama bangsa dan negara di ajang internasional. Sebuah inspirasi bagi generasi muda bangsa," tambah Wakil Presiden SEATTA (Federasi Tenis Meja Asia Tenggara) itu.