Luar Biasa! Petinju asal Kupang Sabet Gelar Juara Dunia versi IBO

Senin, 8 Juli 2019 10:20 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Petinju Indonesia, Tibo Monabesa. Copyright: © Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Petinju Indonesia, Tibo Monabesa.

INDOSPORT.COM - Petinju asal Kupang, Tibo Monabesa, mengharumkan nama Indonesia dengan meraih gelar juara dunia kelas terbang versi Internasional Boxing Organization (IBO) pada Minggu (7/7/19), malam.

Kemenangan Tibo Monabesa dalam laga The Border Battle 2019 yang berlangsung di GOR Florabomora, Oepoi, Kupang, Nusa Tenggara Timur, itu dikonfirmasi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi melalui akun Instagram pribadinya.

“Alhamdulillah. Lahir juara dunia tinju dari Kupang. Saya bersama Gubernur NTT, Pak Viktor Laiskodat, menjadi saksi laga yang berlangsung seru sejak ronde pertama dan dipimpin wasit Australia, Gary Ingraham,” tulis Imam.

Atas torehan Tibo di kancah internasional, Imam juga mengucapkan selamat dan berharap terus meningkat untuk meraih juara di laga berikutnya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Imam Nahrawi (@nahrawi_imam) on

Menurut laman Antara, Tibo menjadi juara setelah ketiga hakim pertandingan memberikan kemenangan skor kepadanya atas petinju Australia, Omari Kimweri, dalam pertarungan yang berlangsung selama 12 ronde penuh.

Duel tersebut berlangsung seru sejak ronde pertama. kedua petinju menunjukkan kemampuan masing-masing agar bisa mendapatkan pukulan yang telak.

Pada ronde kedua, Tibo terkena pukulan dari Omari sehingga pelipis kirinya berdarah. Omari hanya unggul di ronde-ronde awal lewat teknik lincah serta kombinasi pukulan jab yang cepat.

Namun, beberapa kali Omari juga mendapatkan pukulan keras serta jab-jab ringan dari Tibo. Memasuki ronde ke-7, Tibo semakin mendominasi, hingga akhirnya beberapa pukulannya mengakibatkan pelipis kiri Omari mengalami pendarahan.

Tibo Monabesa sebelumnya memang merasa optimis bisa menaklukkan Omari, apalagi dirinya disaksikan oleh masyarakat NTT yang hadir di GOR Florabomora, NTT.