Jadi Juara Kelas Berat, Tyson Fury Buat Deontay Wilder TKO Hingga Berdarah

Minggu, 23 Februari 2020 13:35 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Al Bello/Getty Images
Tyson Fury mampu meraih gelar juara kelas berat WBC usai menumbangkan petinju tuan rumah yakni Deontay Wilder hingga berdarah hanya dalam tujuh putaran Copyright: © Al Bello/Getty Images
Tyson Fury mampu meraih gelar juara kelas berat WBC usai menumbangkan petinju tuan rumah yakni Deontay Wilder hingga berdarah hanya dalam tujuh putaran

INDOSPORT.COMTyson Fury mampu meraih gelar juara kelas berat WBC usai menumbangkan petinju tuan rumah yakni Deontay Wilder hingga berdarah hanya dalam tujuh ronde, Minggu (23/02/20).

Pada pertarungan yang berlangsung di MGM Grand Las Vegas, Amerika Serikat, Fury memang sejak awal telah menunjukan keagresifannya sejak ronde pertama dengan memberikan serangan terlebih dahulu kepada Wilder.

Namun Wilder berusaha melakukan defense dan mencoba membalikan serangan dengan pukulan kombinasi. Sayangnya, upaya tersebut beberapa kali gagal dan ronde pertama pun berakhir.

Ronde kedua dilanjutkan dengan Gypsy King (julukan Fury) kembali tampil lebih agresif, dan mampu memojokan Wilder yang terlihat berkali-kali gagal menerobos pertahanannya karena pukulan yang dilancarkannya kurang kuat dan dirinya terlihat mulai sempoyongan.

Ronde ketiga pertarungan berlangsung semakin sengit setelah sang raja mencoba memberikan pukulan jabs kombo lewat tangan kanan dan kirinya mampu menjatuhkan Wilder untuk pertama kalinya karena lawannya terpeleset hingga akhirnya bel berbunyi dan mengehentikan putaran ketiga.

Pada ronde keempat, kepercayaan diri yang tinggi terlihat dalam diri Tyson Fury. Hal ini pun membuatnya semakin bertarung dengan ganas dan lagi-lagi sukses membuat lawannya sempoyongan dan tersudut.

Bahkan Wilder harus kembali terjatuh akibat pukulan kencang dari Fury dan membuat telinga kirinya mengeluarkan darah segar, dan membuatnya semakin kehilangan tenaga.

Ronde kelima kedudukan semakin terlihat dengan Fury makin diunggulkan karena Deontay Wilder hanya melancarkan sedikit serangan dan lebih fokus untuk melakukan defense.

Keadaan ini membuat Fury lebih leluasa dalam memberikan serangan dan membuat Wilder kehilangan keseimbangan dan akhirnya kembali mencium kanvas. Akan tetapi nasibnya masih bisa diselamatkan oleh wasit karena Fury dianggap telah melakukan pelanggaran dengan memukul kepala belakang lawannya.

Fury semakin tampil dominan usai memberikan jabs dan terus memberikan pukulan ke arah wajah dan tubuh Wilder agar membuat rivalnya tak berdaya dan terus memberikan keuntungan untuk dominasinya di ronde keenam.

Tyson Fury akhirnya memastikan kemenangan TKO atas Wilder di ronde ketujuh setelah sang juara bertahan tidak mampu membalasnya lantaran petarung asal Inggris itu memberikan dua bogem mentah dengan keras melalui tangan kanannya.

Pukulan tersebut akhirnya membuat kubu Wilder kemudian melempar handuk sebagai tanda menyerah, dan wasitpun akhirnya memutuskan bahwa Fury dinobatkan sebagai juara kelas berat WBC.

Hasil ini membuat Tyson Fury sukses menodai catatan rekor yang direngkuh oleh Deontay Wilder yang sebelumnya memiliki nilai 43-0-1 atau tak pernah kalah sekali pun sejak tahun 2015. Sementara Rekor Tyson Fury di menjadi 30-0-1 menang (21 menang KO).