James Wilson, Gelandangan yang Menjelma Menjadi Titisan Mike Tyson

Selasa, 5 Mei 2020 14:32 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Sye Williams/Golden Boy/Getty Images
James Wilson, petinju yang disebut sebagai penerus Mike Tyson. Copyright: © Sye Williams/Golden Boy/Getty Images
James Wilson, petinju yang disebut sebagai penerus Mike Tyson.

INDOSPORT.COM – Kabar kembalinya Mike Tyson di atas ring turut menyeret nama James Wilson, yang disebut-sebut titisan petinju legendaris asal Amerika Serikat tersebut.

Diprediksi akan menjadi penerus Tyson, Wilson tentunya memiliki keterampilan dan kehebatan yang mirip dengan sang seniornya tersebut. Namun, untuk mendapatkan itu semua, perjalanannya di dunia tarung harus dilewatinya dengan jalan yang terjal.

Melansir dari laman Boxing News24, petinju berjuluk ‘The Beast’ itu mengaku pernah menjadi gelandangan pada usia 13 – 15 tahun. Kala itu, ia menjalani hidup dengan tidur di mana saja, seperti taman, motel dan pingir jalan.

Namun semangat hidupnya yang kuat, ia berangsur menjalani kehidupan yang lebih baik. Di mana ia akhirnya bisa bersekolah dan berprestasi, di mana kariernya di dunia olahraga dimulai selama masa sekolah.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by James Wilson (@jamesthebeastwilson) on

Ia pernah menjadi pemain sepak bola dan atlet atletik di sekolahnya, yang mampu membuat ia menerima beasiswa di Universitas Concord di Virginia Barat, Amerika Serikat. Kemudian ia berhasil lulus dengan mendapatkan gelar sosiologi, dan sempat menjadi pemain sepak bola.

Setelah itu, kemudian ia memutuskan untuk banting stir menjadi petarung Mixed Martial Arts (MMA), setelah mendalami ilmu seni bela diri seperi, Kenpo, Karate, Muay Thai dan Kickboxing. Di mana ia menorehkan catatan rekor 5-3-0.

Merasa tak puas, ia kembali mengarungi perjalanan kehidupannya menjadi seorang petinju di Selandia Baru lantaran menerima pekerjaan tersebut di sana. Kemudian, dirinya bertemu dengan promotor tinju yang terkenal, Jared Shaw.

Shaw menilai, bahwa James Wilson merupakan sebuah berlian di tumpukan jerami. Pasalnya, petinju asal Negeri Paman Sam itu memiliki kombinasi serta kekuatan yang cukup unik terutama untuk divisi kelas berat, di mana ia juga disebut sebagai atlet serba bisa.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by James Wilson (@jamesthebeastwilson) on

Kemudian Jared Shaw mengenalkan Wilson kepada pelatih legendaris dunia tinju, Justin Fortune, yang juga merupakan pelatih fisik Manny Pacquiao. Pasalnya, Shaw percaya bahwa Wilson selaku calon bintang tinju di masa depan bisa dipoles kemampuannya dengan apik oleh Fortune.

Kepercayaan tersebut terbukti benar adanya, di mana Wilson mampu mencetak catatan kemenangan tak terkalahkan yakni 7-0-0, dengan enam kemenangan ia raih lewat keputusan Knock Out (KO), yang membuatnya disebut sebagai calon penerus Mike Tyson lantaran memiliki pukulan kuat dan defensive yang apik.

Meski demikian, ia merupakan sosok petinju yang amat santun dan juga memiliki hati yang lembut. Ia sangat menyayangi anak-anak terutama ketiga buah hatinya. Bahkan dirinya merupakan sosok yang aktif dalam mengkampanyekan anti perundungan atau anti bullying.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by James Wilson (@jamesthebeastwilson) on

“Saya kerap menjadi pembicara di seminar anti perundungan, dan menceritakan pengalaman saya untuk memberikan kaum muda inspirasi agar tetap bisa menggapai cita-cita setingggi mungkin,” ujar Wilson.

“Saya selalu menekankan kepada anak-anak bahwa, mulut, tangan dan kaki adalah sebuah senjata, di mana hanya bisa digunakan untuk berkelahi saat berada di ring tinju, agar mereka tak melakukan intimidasi terhadap orang lain dikehidupan sehari-hari,” tambahnya.

James Wilson sendiri mengaku dirinya tak memiliki cita-cita untuk berduel dengan petinju manapun. Ia akan bertarung dengan siapapun asalkan para penonton bisa merasa terhibur atas aksinya di ring tinju.

1