Pernah Hancurkan Mike Tyson, Begini Sesumbar Lennox Lewis

Kamis, 7 Mei 2020 15:19 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Memiliki predikat petinju kelas berat terkuat sejagad rupanya tak membuat Mike Tyson tak terkalahkan. Lennox Lewis mampu ungguli The Iron Mike dan sesumbar lebih hebat.

Jika bicara terkait Tyson maka yang terlintas adalah kebuasannya ketika berada diatas ring. Saat dirinya dalam kondisi prima semasa muda, tak ada satu pun petinju kelas berat yang mampu lampaui kekuatannya.

Terbukti sejak umur 18 hingga 23 tahun, tak pernah satu kali pun Tyson tersungkur dalam 37 pertandingan dan sukses pertahankan jawara dunia kelas berat. Akan tetapi ada momen dimana atlet tinju asal Amerika Serikat ini justru kalah tragis hingga gelar juaranya direbut.

Dialah Lennox yang berkesempatan mencicipi duel melawan legenda tinju itu pada 2002 silam. Mengambil tempat di The Pyramid, Tennessee, Amerika Serikat, Tyson tak berdaya ketika mengalami knockout (KO) pada ronde kedelapan.

Dalam suatu wawancara dengan Joe Rogan, Lennox sempat mendapat pertanyaan apakah dirinya berani menantang Tyson semasa prima. Respons mantan atlet asal Inggris ini cukup mengejutkan.

"Intinya saya menang lawan Tyson saat dia dalam kekuatan penuh. Tahukah Anda? Saya juga dalam kekuatan optimal saat itu juga," ucap Lennox dilansir laman berita Sport Bible.

Rogan yang ragu akan kesombongan Lennox lantas balas menjawab, "Anda mungkin dalam kondisi prima saat itu, tapi saya merasa jika dia (Tyson) memilih untuk mengalah karena tak memiliki antusiasme tinggi seperti saat masa-masa jayanya."

Beberapa kalangan percaya Tyson saat itu memilih untuk tak mau melanjutkan pertandingan dan menyumbangkan gelar juara kepada Lennox. Alasannya nampak lebih kearah rasa jenuh karena sudah menginjak usia 35 tahun.

Apalagi setahun setelah kalah dari Lennox diketahui Tyson alami kebangkrutan dan kemudian putuskan gantung sarung tinju pada 2006 silam. Salah satu momen paling berkesan sang legenda ialah ketika memiliki jalinan rival lawan Evander Holyfield pada 1996-1997.