3 Alasan Duel Tinju Tyson Fury vs Mike Tyson Mustahil Terjadi

Kamis, 18 Juni 2020 14:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Donald Kravitz/Getty Images
Mantan atlet tinju, Mike Tyson. Copyright: © Donald Kravitz/Getty Images
Mantan atlet tinju, Mike Tyson.

INDOSPORT.COM – Mike Tyson yang mengumumkan naik ring lagi setelah pensiun kabarnya sudah mengajak Tyson Fury berduel. Namun, ada tiga alasan yang membuat duel akbar itu urung terjadi.

Mike Tyson telah lama mengisyaratkan ingin kembali ke atas ring tinju untuk melaloni laga amal. Demi hal itu, dia pun terlihat serius berlatih seperti yang tampak dalam berbagai postingannya di media sosial.

Tubuhnya yang tadi lebih berisi pun kini bertransformasi menjadi kembali atletis. Mike Tyson juga merekrut pelatih khusus untuk memantau performanya.

Rencana comeback Mike Tyson  ke atas ring setelah 15 tahun lamanya pensiun itu pun membuat para petinju kelas dunia tertarik untuk menjajal kehebatan petinju yang dijuluki ‘Si Leher Beton’ pada masanya tersebut.

Salah satu petinju yang tertatik itu adalah Tyson Fury. Di tengah persiapan untuk pertarungan trilogi melawan Deontay Wilder setelah wabah corona ini, Fury mengklaim bahwa dia mendapat tawaran duel melawan Mike Tyson.

Awalnya Fury sangat senang mendapatkan tawaran duel dengan Tyson, namun dia mulai meragukan fisik lawannya yang mungkin tak sekuat saat masih muda dulu.

Selain itu, Bob Arum selaku promotor Fury merasa jika itu bukanlah laga yang aman untuk dilakukan, karena perbedaan usia Fury (32 tahun) dan Tyson (53 tahun).

Fury sendiri saat ini sedang berada di puncak kariernya. Tyson Fury sendiri adalah pemegang sabuk juara dunia versi WBC saat ini. Hingga usia 31 tahun, petinju asal Inggris itu bahkan belum terkalahkan.

Berikut ini INDOSPORT merangkum tiga alasan mengapa duel Mike Tyson vs Tyson Fury tidak akan terjadi meski pertarungan itu hanya bertujuan untuk amal semata:

1. Mike Tyson Bisa Mati

Wacana duel antara Mike Tyson dan Tyson Fury ternyata bukanlah hal yang dinantikan dengan suka cita oleh banyak orang. Salah satunya, promotor juara kelas berat Tyson Fury, Frank Warren .

Fury memang dikabarkan tertarik untuk menerima tantangan tersebut, namun tidak untuk Warren. Ia memutuskan untuk tak ikut adil dalam pertarungan eksibisi itu, karena beberapa alasan.

“Tyson sudah tua, dia tak lebih baik saat terakhir bertarung dengan Danny Williams dan Kevin McBride yang kala itu mampu mengalahkannya. Jujur saja saya menentangnya. Mereka seharusnya tak melakukannya,” tambahnya.

Frank Warren juga mengatakan bahwa tak masalah jika pertarungan antara keduanya tetap digelar untuk amal, namun dengan syarat laga tersebut direkayasa.

Nah, melihat perbedaan usia yang cukup jauh itu, tentunya ketangguhan fisik Mike Tyson juga dipertanyakan saat dirinya menghadapi Furry.

Bila dia memaksakan diri melawan Tyson Fury yang sedang dalam masa berapi-api, bukan tidak mungkin dia malah menggali kuburannya sendiri alias mempermalukan diri sendiri di masa depan.