Kisah Masa Kecil Penuh Perjuangan Ellyas Pical Sebelum 'Tinju' Dunia

Minggu, 19 Juli 2020 19:44 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kisah Masa Kecil Penuh Perjuangan Ellyas Pical Sebelum 'Tinju' Dunia Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kisah Masa Kecil Penuh Perjuangan Ellyas Pical Sebelum 'Tinju' Dunia

INDOSPORT.COM – Mengintip kisah masa kecil penuh perjuangan legenda tinju Indonesia, Ellyas Pical sebelum kuasai panggung tarung internasional.

Bagi pecinta tinju nasional, nama Ellyas Pical mungkin sudah tidak asing lagi bahkan melegenda dan kerap menjadi inspirasi bagi para petinju muda Tanah Air.

Ellyas Pical, petinju kelahiran Saparua tahun 1960 silam tersebut sempat mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia melalui pukulan-pukulan mematikannya di ring tinju.

Sepanjang karier bertinjunya, Ellyas Pical telah melakoni 26 pertarungan dengan catatan 20 kemenangan yang 11 diantaranya melalui TKO, dan menelan lima kekalahan serta satu kali imbang.

Dari sekian banyak pertarungan yang dijalani, terdapat satu laga paling diingat bahkan mungkin bersejarah dalam karier Ellyas Pical. Yakni pertarungan antara Ellyas Pical kontra Ju Do Chun pada 3 Mei 1985 silam.

Dalam pertarungan tersebut, Ellyas Pical berhasil menumbangkan Ju Do Chun dengan TKO sekaligus memastikan diri meraih gelar juara dunia kelas bantam junior versi IBF (Federasi Tinju Dunia). 

Gelar juara tersebut terasa sangat spesial, lantaran untuk pertama kalinya cabang olahraga tinju Indonesia bisa meraih sabuk juara level dunia.

Dikenal sebagai petinju legendaris dan memiliki banyak gelar juara, siapa sangka jika masa kecil Ellyas Pical penuh dengan perjuangan bahkan tidak ada yang menyangka jika ia bisa menjadi atlet kebanggaan negara.

Lantas seperti apa kisah dan perjuangan Ellyas Pical semasa kecil sebelum menjelma menjadi petarung dunia tersebut? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulasnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%