Inilah Sosok Panglima Perang yang Buat Mike Tyson Menjelma Jadi Petinju Mengerikan

Rabu, 22 Juli 2020 15:10 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Focus On Sport/Getty Images
Mike Tyson ternyata belajar dari sosok panglima perang terkenal untuk menjadi sosok petinju yang mengerikan dan bisa mengalahkan lawannya dengan mudah. Copyright: © Focus On Sport/Getty Images
Mike Tyson ternyata belajar dari sosok panglima perang terkenal untuk menjadi sosok petinju yang mengerikan dan bisa mengalahkan lawannya dengan mudah.

INDOSPORT.COMMike Tyson ternyata belajar dari sosok panglima perang terkenal untuk menjadi sosok petinju yang mengerikan dan bisa mengalahkan lawannya dengan mudah.

Julukan sebagai Manusia Paling Jahat di Bumi ternyata tak tersemat begitu saja. Tyson secara blak-blakan mengaku di acara Hotboxin Podcast bahwa dirinya memang sengaja mencitrakan diri sebagai sosok petinju yang mengerikan, karena bisa memberikan tekanan mental kepada lawannya.

Untuk menjadi seorang petinju yang mengerikan, dirinya juga bermodalkan ilmu pengetahuan, dengan senang membaca dan mempelajari sejarah perang, termasuk para panglima perang terhebat sepanjang sejarah seperti Charlemagne, Akhilles, Aleksander, hingga Napoleon.

Banyak belajar dari sejarah perang pun berdampak pada mentalitas Si Leher Beton, di mana mental bertarungnya semakin terasah, lantaran ia menganggap setiap pertarungannya seperti sebuah perang.

"Saya belajar tentang perang dan tahu semua panglima perang. Dari Charlemagne ke Achilles, kemudian panglima nomor satu dari semua panglima. Lalu ada Alexander dan Napoleon, saya tahu semuanya karena saya membaca dan mempelajarinya," ujar Mike Tyson.

"Akhirnya saya tahu bagaimana seni bertarung. Saya tahu seni perang karena semuanya sudah saya pelajari. Ini mengapa saya sangat ditakuti dan mereka takut pada saya ketika di atas ring. Saya adalah seorang petinju penghancur dan memilikinya sejak lahir,” tukasnya.

Bahkan, legenda tinju lainnya, yakni Evander Holyfield membeberkan bagaimana Iron Mike menunjukan sisi kejamnya saat di atas ring yang dengan mudah mampu membuat rivalnya ketakutan.

Evander Holyfield juga mengaku bahwa dirinya tak takut atau terpengaruh dengan aura mengerikan Mike Tyson, yang menjadi alasan mengapa ia bisa mengalahkannya.