Mengejutkan, Duel Mike Tyson vs Roy Jones Jr Bisa Dihentikan Gara-gara Ini

Minggu, 26 Juli 2020 12:14 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Lanjar Wiratri
© Bettmann / Contributor via Getty Images
Duel tinju antara Mike Tyson dan Roy Jones Jr dilarang berakhir secara KO brutal. Copyright: © Bettmann / Contributor via Getty Images
Duel tinju antara Mike Tyson dan Roy Jones Jr dilarang berakhir secara KO brutal.

INDOSPORT.COM - Salah satu duel terbesar abad ini antara dua legenda tinju kelas berat, Mike Tyson dan  Roy Jones Jr dipastikan bakal segera dihelat. Alih-alih bakal dipenuhi aksi darah, laga tersebut terancam dihentikan jika berlangsung brutal.

Siapa yang tak kenal dengan Mike Tyson? Mantan petinju berjulukan Kid Dynamite ini sangat populer di masa keemasannya dan mampu menyandang status sebagai jawara dunia olahraga baku hantam. Bertanding 58 kali, ia punya rekor menang Knock Out (KO) sebanyak 44 kali.

Tak jauh berbeda dengan Jones Jr, petinju berjulukan Superman ini punya rekor kemenangan 66 kali dengan 47 diantaranya lewat KO. Sudah berusia 51 tahun, ia juga dikenal sebagai salah satu petinju kelas berat hebat yang pernah meraih gelar terkuat seantero dunia.

Sama-sama telah gantung sarung tinju, kabar gemibira pun datang karena Mike dan Jones Jr akan menghibur para fans setianya dalam pertandingan persahabatan delapan ronde pada 12 September mendatang. Alih-alih bisa unjuk kebolehan dengan kemenangan KO, kedua legenda ini tak diperbolehkan menang secara brutal.

"Komisi Atletik Negara California (CSAC) memberikan ijin pertandingan antara Mike Tyson vs Roy Jones Jr yang dijadwalkan bakal berlangsung di Los Angeles pada bulan September dengan laga persahabatan delapan ronde," dalam pernyataan wakil CSAC dilansir Mirror.

"Pada pertandingan ini, wasit bersangkutan mendapat wewenang penuh untuk menghentikan pertandingan jika terjadi hal-hal yang tak bisa ditoleransi lagi. Tuan Tyson dan tuan Jones Jr akan menyerahkan tes medis berikut mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19," tambah pernyataan itu.

Berbeda dengan saat mereka masih jaya, saat berduel diatas ring baik Mike dan Jones Jr akan menggunakan sarung tinju 12oz bukannya dengan ukuran 10oz yang biasanya dipakai oleh profesional. Meski tanpa ada status KO, pertandingan keduanya pun akan kian menarik setelah promotor memperbolehkan pertandingan tanpa pelindung kepala.

Alasan mengapa ada aturan tak boleh memenangkan tinju secara brutal sendiri nampak tak lepas dari usia dua legenda tinju ini yang sudah berkepala lima. Meski sudah lebih dari setengah abad, Mike Tyson terlihat dalam kondisi prima untuk habisi lawannya, begitu juga Jones Jr yang sudah lakukan latihan rutin seperti saat masih muda.