Profil Jason Butar Butar, Mike Tyson Indonesia Sekaligus Anggota TNI

Sabtu, 25 Juli 2020 20:16 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Jason Butar Butar merupakan petinju yang dijuluki Mike Tyson Indonesia dan juga merupakan anak buah dari mantan anggota TNI, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Petinju yang memiliki nama lengkap Juli Metyson Butar Butar ini merupakan pria kelahiran Medan, 6 Oktober 1988, yang turun di kelas super featherweight.

Jason memulai kariernya sebagai petinju profesional saat usianya baru menginjak 17 tahun atau pada 2006 silam. Ia mendapatkan julukan The Lion karena memiliki jiwa etos dan kerjanya yang tangguh.

Tak hanya itu, nama yang diberikan oleh AHY selaku manajernya lantaran mewakili binatang yang merupakan favorit dari petinju berusia 31 tahun yakni Singa.

Melansir dari laman Boxrec, debutnya sebagai petinju profesional diraihnya dengan manis, yakni berhasil menumbangkan YPS Timor lewat keputusan TKO pada 11 Mei 2006.

Sayangnya, ia belum bisa tampil konsisten lantaran setelah itu menelan kekalahan atas Yohannes Yordan pada 9 September 2006. Setahun kemudian, ia berhasil membalaskan kekalahannya.

Ia memenangi pertarungan melawan Daeng Armando pada 18 Mei 2007 dan Saiman pada 7 Juli 2007. Akan tetapi, ia masih mengalami inkonsisteni dalam kariernya tinjunya.

Meski demikian Jason Butar Butar sempat merasakan masa kejayaannya yakni dengan menyabet enam kemenangan secara beruntun yang berlangsung pada Oktober 2010 hingga Maret 2012. Sebelum akhirnya rekor tersebut dinodai oleh Musa Andy Letding pada 3 Juli 2012.