Membanggakan! Ini 6 Juara Tinju Dunia yang Berasal dari Indonesia

Rabu, 10 Juni 2020 17:02 WIB
Editor: Coro Mountana
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Membanggakan! Ini 6 Juara Tinju Dunia yang Berasal dari Indonesia Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Membanggakan! Ini 6 Juara Tinju Dunia yang Berasal dari Indonesia

INDOSPORT.COM – Siapa sangka jika Indonesia memiliki prestasi cukup membanggakan dalam dunia tinju dengan 6 atletnya yang pernah merasakan gelar juara dunia.

Dunia boleh mengenal nama Muhammad Ali dan Mike Tyson sebagai legenda tinju dunia yang tiada duanya jika kita bicara soal kehebatannya. Meski berbeda era, Muhammad Ali dan Mike Tyson kerap dianggap sebagai dewanya dunia tinju.

Di Indonesia, meski tinju tidak menjadi olahraga favorit seperti sepak bola dan bulutangkis, serta tak ada atlet yang bisa setenar Mike Tyson ataupun Muhammad Ali. Akan tetapi, sejarah mencatat kalau Indonesia pernah melahirkan 6 petinju legendaris yang sanggup menggondol gelar juara dunia.

Ellyas Pical

Petinju kelahiran Saparua, Maluku pada 24 Maret 1960 itu merupakan juara tinju dunia pertama dari Indonesia, dia bernama Ellyas Pical. Momen bersejarah itu dicapai oleh Ellyas Pical pada 3 Mei 1985 dengan mengalahkan Chun  Ju-do dari Korea Selatan di kelas bantam junior versi IBF.

Gelar bergengsi itu sempat lepas pada 1987 ketika Ellyas Pical akhirnya berhasil dikalahkan KO pada ronde ke-14 oleh petinju Thailand, Kaosai Galaxy. Sempat depresi karena kalah dari Galaxy, Ellyas Pical bangkit dan merebut gelar juara tinju dunia kelas bantam junior versi IBF atas Chang Tae-ill.

Nico Thomas

4 tahun berselang setelah Ellyas Pical membuat Indonesia bangga, muncul lagi petinju tanah air yang sukses mengharumkan negeri ini di kancah dunia, dia adalah Nico Thomas. Petinju asal Maluku itu menggondol gelar juara tinju dunia kelas terbang mini versi IBF.

Kemenangan bersejarah itu Nico Thomas bukukan usai menang dalam 12 ronde atas Samuth Sithnaruepol dalam perebutan gelar kelas jerami di IBF. Sayang hanya berselang sekitar 100 hari, Nico Thomas harus merelakan gelar juaranya direnggut oleh Eric Chavez dari Filipina.