Momen Haru Ketika Mike Tyson Peluk Wasit Pertarungan Lawan Holyfield

Jumat, 14 Agustus 2020 16:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Valery Sharifulin\TASS via Getty Images
Mike Tyson sempat bertemu wasit yang pernah mendiskualifikasi dirinya saat melawan Evander Holyfield, Mills Lane. Copyright: © Valery Sharifulin\TASS via Getty Images
Mike Tyson sempat bertemu wasit yang pernah mendiskualifikasi dirinya saat melawan Evander Holyfield, Mills Lane.

INDOSPORT.COM - Mike Tyson menunjukkan sisi hangatnya di luar ring tinju ketika memeluk wasit bernama Mills Lane, yang pernah mendiskualifikasi dirinya saat melawan Evander Holyfield.

Bagi penikmat olaharaga tinju, pertarungan Mike Tyson vs Evander Holyfield pada tahun 1997 akan terus lekat di ingatan sampai kapan pun. Bagaimana tidak? Di duel rematch tersebut, Iron Mike dengan ganasnya menggigit telinga sang lawan hingga berdarah.

Peristiwa tersebut terjadi di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Nevada, 28 Juni 1997, atau sekitar tujuh bulan setelah Holyfield mengalahkan Tyson di bout pertama mereka.

Adu jotos dua legenda tinju tersebut berlangsung seru dan ketat. Mills Lane yang bertindak selaku wasit saat itu pun sempat beberapa kali berurusan dengan Tyson sepanjang jalannya pertandingan.

Menjelang berakhirnya ronde pertama, Tyson sempat melancarkan protes lantaran Evander terindikasi melakukan headbutt padanya. Namun sayangnya, sang wasit bersikeras aksi itu dilakukan tanpa unsur kesengajaan.

Duel semakin memanas dan akhirnya Tyson kehilangan kendali dan menggigit telinga kanan Evander hingga kulit tulang rawan di bagian atas telinganya robek sepanjang 2 cm. Bahkan, Iron Mike juga mendorong lawannya itu yang akan menuju sudut ring.

Pertempuran pun dihentikan sementara usai Evander Holyfield menunjukkan telinganya. Wasit juga mengumumkan ia akan mengurangi dua poin dari Tyson dan pertarungan kembali dilanjutkan.

Hingga akhirnya saat memasuki ronde ketiga, Tyson malah mengulangi aksi gigit telinganya, kali ini yang sebelah kiri. Tanpa ampun, Lane pun memutuskan mendiskualifikasi Tyson dan memberikan kemenangan kepada Evander.

Meski memiliki kenangan buruk dengan Mills Lane, Mike Tyson nyatanya sudah melupakan kejadian tersebut, terlihat dari foto yang banyak beredar di media sosial, di mana ia terlihat memeluk sang wasit dengan penuh kasih sayang.

© The Sun
Mike Tyson dan wasit yang pernah mendiskualifikasi dirinya saat melawan Evander Holyfield, Mills Lane. Copyright: The SunMike Tyson dan wasit yang pernah mendiskualifikasi dirinya saat melawan Evander Holyfield, Mills Lane. Foto: The Sun.

Lane sendiri tampak sudah termakan usia dan pemandangan dalam foto yang diambil sekitar tujuh tahun lalu tersebut seolah menggambarkan pertemuan seorang anak dan ayahnya.

Terlepas dari itu, Mike Tyson bakal segera melakoni comeback untuk sebuah laga ekshibisi melawan Roy Jones Jr pada 28 November 2020.