Kebohongan Terbesar dalam Sejarah Mike Tyson: Seret Nama Muhammad Ali

Senin, 7 September 2020 11:22 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© The Ring Magazine via Getty Images
Muhammad Ali saat bersama Wilfred Benitez, peraih gelar juara dunia termuda yang sesungguhnya dan bukan Mike Tyson. Copyright: © The Ring Magazine via Getty Images
Muhammad Ali saat bersama Wilfred Benitez, peraih gelar juara dunia termuda yang sesungguhnya dan bukan Mike Tyson.

INDOSPORT.COM - Legenda tinju dunia, Mike Tyson, ternyata melakukan sebuah 'kebohongan' yang bertahan selama puluhan tahun lamanya. 'Kebohongan' yang tanpa disadari dilakukan oleh pria berjuluk Iron Mike itu bahkan menyeret nama Muhammad Ali dan Wilfred Benitez.

Seperti kita ketahui sebelumnya, Mike Tyson adalah sosok legenda dari ranah olahraga tinju. Julukan Iron Mike pun melekat pada dirinya yang memang dikenal kuat dan tangguh di atas ring.

Tak hanya itu, julukan lainnya yang melekat erat pada diri Mike Tyson adalah status bahwa ia jawara dunia termuda dalam sejarah tinju. Namun nyatanya, hal tersebut tak benar adanya.

Kita tentunya mengetahui bahwa Mike Tyson mendapatkan julukan jawara tinju termuda di dunia ketika dirinya mengalahkan Trevor Berbick pada November 1986 silam. Kala itu, Iron Mike masih berusia 20 tahun 145 hari saat meraih gelar jawara tinju kelas berat WBC di Las Vegas.

Trevor Berbick mungkin tak menyangka bahwa seorang Tyson muda mampu memberikannya mimpi buruk. Padahal, Mike Tyson muda kala itu datang dengan misi membalaskan dendam Muhammad Ali yang dikalahkan oleh Berbick.

© Focus On Sport/Getty Images
Mike Tyson Copyright: Focus On Sport/Getty ImagesMike Tyson muda.

Misi balas dendam itupun berbuah manis untuk Mike Tyson. Dalam laga tersebut, Berbick ambruk sampai tiga kali oleh satu hook kiri keras dari Tyson.

Momen itu terjadi di ronde kedua saat Mike Tyson melepaskan hook kiri keras yang tepat menghantam rahang Berbick. Seketika itu juga Bebrick langsung ambruk. 

Berbick yang menjadi juara bertahan kala itu tentu tak ingin kalah begitu saja. Ia pun berusaha bangkit dan mencari keseimbangan. 

Namun itu tak lama, karena Berbick kembali roboh telentang menghantam kanvas. Berbick kembali berusaha bangkit, namun belum sempat berdiri tegak, ia kembali hilang keseimbangan. 

Berbick kembali runtuh untuk kali kedua. Namun itu bukan usaha terakhir Berbick. Ia pun pelan-pelan menggapai tali ring untuk membantu berdiri. 

© Mike Tyson Fans Club
Trevor Berbick (kiri) menerima hantaman hook dari Mike Tyson muda di tahun 1986. Copyright: Mike Tyson Fans ClubTrevor Berbick (kiri) menerima hantaman hook dari Mike Tyson muda di tahun 1986.

Meski bernyali besar, namun fisik Berbick benar-benar tak mampu lagi untuk melanjutkan pertarungan. Ia pun kembali ambruk untuk yang ketiga kalinya. 

Sontak, seisi gedung Las Vegas in Paradise pun tercengang dan mulai saat itu penggemar tinju dunia menganggap Mike Tyson bukan petinju biasa yang memiliki karier gemilang di masa depan. 

Pukulan Tyson yang menghancurkan keseimbangan Trevor Berbick menjadi awal dari kebrutalan Si Leher Beton di ring tinju dunia yang terus dikenang sampai dengan saat ini. Termasuk statusnya sebagai peraih gelar juara dunia termuda dalam sejarah usai serta sukses membalaskan dendam Muhammad Ali.

Akan tetapi, kini sebuah fakta mengejutkan terkuat usai puluhan tahun lamanya terpendam. Fakta tersebut adalah bukti bahwa Mike Tyson bukan peraih gelar juara dunia termuda dalam sejarah tinju.