Kabar Terbaru Petinju yang Bikin Mike Tyson Pensiun: Jadi Tukang Kayu

Kamis, 4 Maret 2021 17:55 WIB
Editor: Juni Adi
© Ed Mulholland/WireImage
Mike Tyson vs Kevin McBride. Copyright: © Ed Mulholland/WireImage
Mike Tyson vs Kevin McBride.

INDOSPORT.COM - Masih ingat dengan petinju Kevin McBride? mungkin banyak orang yang lupa atau bahkan tidak mengenalinya. 

Akan tetapi jika merujuk dari salah satu pertandingan yang pernah dilakoninya, pastilah orang akan mengingatnya, yakni ketika ia menjadi lawan sengit Mike Tyson.

Ya, McBride pernah mengalahkan manusia terburuk di muka bumi alias Mike Tyson. Pertandingan bersejarah tersebut terjadi pada 11 Juni 2005.

Dalam laga tersebut, McBride membuat publik terkejut dengan kemenangan TKO atas Tyson dalam ronde keenam di MCI Arena, Washington DC, Amerika Serikat.

Kekalahan Mike Tyson atas Kevin McBride membuat petinju berjuluk Si Leher Beton itu mengakhiri karier profesionalnya. Di sisi lain, hal tersebut membuat nama Kevin McBride meroket.

"Saya tidak punya keberanian untuk terus berada dalam olahraga ini. Saya tak ingin lagi mencoreng nama olahraga yang saya cintai ini," ujar Tyson dikutip dari ESPN.

"Jiwa saya sudah tak ada lagi untuk tetap bertinju. Saya minta maaf kepada para fans yang sudah membayar untuk menyaksikan laga ini, seharusnya hasilnya bisa lebih baik," pungkas pria yang kini memiliki tato di wajahnya tersebut.

15 tahun setelah pertarungan tersebut, Kevin McBride ternyata masih mengingatnya dengan jelas. Ia bahkan menyebut saat itu tidak memikirkan bayaran karena hanya ingin bertarung melawan Idolanya.

"Saya dapat panggilan untuk melawan Mike Tyson dan ditawari uang senilai 150 ribu USD (sekitar Rp2,5 miliar). Saya katakan saat itu saya tak peduli dengan uang, saya cuma mau berada satu ring dengannya," kenang McBride seperti dikutip dari Sports Casting.

Namun, meskipun berhasil menumbangkan Tyson, McBride sebenarnya tidak memiliki prestasi yang gemilang di dunia tinju. Bagaimana tidak, dirinya hanya memenangkan dua laga dari total delapan pertandingan pasca mengalahkan Tyson.

Kevin McBride akhirnya pensiun pada 2011 setelah kalah KO dari petinju asal Polandia, Mariusz Wach. Lantas bagaimana kondisi dan kabar terbaru dari pria asal Republik Irlandia itu?