Pertarungan Memalukan Muhammad Ali, Dibuat Bonyok oleh Petinju Amatir Peraih Olimpiade

Selasa, 27 Juli 2021 14:18 WIB
Editor: Juni Adi
© Getty images
Muhammad Ali. Copyright: © Getty images
Muhammad Ali.

INDOSPORT.COM - Muhammad Ali pernah mengalai kekalahan memalukan dari petinju amatir peraih medali perunggu Olimpiade.

Pecinta olahraga tinju dunia tentu tidak asing lagi dengan nama Muhammad Ali. Sosok pria yang rendah hati dan penuh pendirian ini dikenal sebagai salah satu legenda tinju terbaik sepanjang masa di kelas berat.

Kehebatannya sudah tidak perlu diragukan lagi dengan pembuktian rekor 56 kali meraih kemenangan dan 37 kali menang KO.

Kendati demikian bukan berarti Ali tak bisa dikalahkan. Sepanjang karier tinjunya ia menelan 5 kali kekalahan salah satunya dari petinju asal Amerika Serikat lain Leon Spinks atau Neon.

Spinks lahir di St. Louis, Missouri, Amerika Serikat pada 11 Juli 1953. Karier tinjunya diawali dari amatir dan pernah merebut medali perunggu pada kejuaraan dunia 1974 dan medali emas Olimpiade Montreal 1976 di Kanada. 

Nama Spinks mulai melambung di panggung tinju profesional setelah ia melakoni pertandingan kedelapan, dan berhasil menjadi juara dunia kelas berat.

Tak tanggug-tanggung, lawan yang ia kalahkan adalah Muhammad Ali. Petinju ternama pada saat itu. Spinks melucuti gelar juara sejati Ali lewat kemenangan angka split decision. 

Duel ini digelar di Nevada, Las Vegas pada 15 Februari 1978 dan sangat menyita perhatian. Banyak publik yang menjagokan Ali menang mudah berkat pengalamannya meski pada saat itu ia sudah berumur.

Akan tetapi siapa sangka Spinks yang terbilang masih terlalu hijau di tinju profesional justru memberi perlawanan sengit dan berhasil menghindari sengatan mematikan Ali. 

Ali tidak hanya kalah angka dalam pertarungan ini, tapi juga kalah fisik karena ia harus turun dengan wajah bonyok di tangan Spinks dan merebut gelar juara dunia miliknya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%