Gerah dengan Korupsi, Manny Pacquiao Calonkan Diri Jadi Presiden Filipina

Senin, 20 September 2021 14:30 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Petinju Manny Pacquiao resmi mencalonkan diri sebagai kandidat Presiden Filipina di pemilu yang akan digelar pada 2022, Minggu (19/09/21).

The Pac-Man akhirnya berani mencalonkan diri sebagai Presiden Filipina untuk periode selanjutnya, setelah menerima dukungan dari para sekutu politiknya di sidang umum faksi yang dipimpin olehnya di Partai PDP-Laban yang berkuasa

Keputusannya untuk mencalonkan diri sebagai Capres pada pemilu Mei 2022 mendatang karena dirinya merasa gerah dengan korupsi dan tak adanya transparasi di pemerintahan Presiden Rodrigo Duerte saat ini, yang juga sempat geger dengan ‘hubungan nyaman’ dengan China.

“Saya seorang pejuang dan akan selalu menjadi pejuang baik di dalam maupun di luar ring. Saya menerima pencalonan kalian sebagai calon Presiden Republik Filipina,” kata Manny Pacquiao, dilansir dari NBC News.

Pengumuman pencalonan diri itu dilakukan beberapa hari setelah faksi sainganna di PDP-Laban mencalonkan pembantu Duterte, Senator Christoper ‘Bong’ Go sebagai calon presiden, dan Rodrigo Duterte sebagai wakilnya.

Langkah tersebut disebut sebagai upaya Duterte untuk mempertahankan kekuasaannya meski Go menolak pencalonan tersebut, lantaran sang presiden saat ini dilarang mencalonkan diri untuk masa jabatan enam tahun kedua sebagai presiden.

Hubungan antara Manny Pacquiao dengan Rodrigo Duterte memang makin memanas setelah The Pac-Man menyebut pemerintahan saat ini korup dan tak senang dengan sikapnya kepada China.