Daftar Juara Tinju di Tahun 2022 dari Semua Badan Tinju Dunia

Minggu, 23 Januari 2022 21:46 WIB
Editor: Juni Adi
© Al Bello/Getty Images
Ilustrasi olahraga tinju. Copyright: © Al Bello/Getty Images
Ilustrasi olahraga tinju.

INDOSPORT.COM - Berikut rangkuman daftar terbaru juara tinju di tahun 2022 dari berbagai badan tinju dunia.

Memasuki tahun baru 2022, untuk bidang olahraga akan menjadi tahun yang sibuk salah satunya adalah arena tinju dunia. Banyak duel menarik dan seru yang akan tersaji tahun ini.

Salah satunya peluang pertarungan dua juara sejati, Josh Taylor dan Canelo Alvarez yang sama-sama sedang mencari lawan.

Dari 17 kelas tinju berbeda, hanya dua nama di atas yang menjadi juara sejati. Josh Taylor di kelas welter junior dan Canelo Alvarez di kelas menenga super.

Bukan tanpa alasan mereka sering memenangkan gelar dari masing-masing kelas. Sebab keduanya sangat berpengalaman dan memiliki jam terbang yang tinggi.

Josh Taylor adalah petinju asal Inggris yang berusia 30 tahun. Ia memiliki rekor kemenangan sempurna tanpa tersentuh kekalahan 18:0, 13 di antaranya mampu dimenangkan dengan status KO.

Ia mulai juara di kelasnya pada 2018 dengan merebut sabuk WBC. Dia menambah sabuk IBC pada 2019 dan memastikan diri menjadi juara sejati dengan menambahkan gelar WBA dan The Ring pada 2019 serta sabuk WBO pada 2021.

Ia akan mempertahankan statusnya sebagai juara untuk pertama kalinya pada 26 Februari 2022, melawan Jack Catterall, yang berasal dari Inggris.

Sementara Caloe Alvarez satu tahun lebih tua dari Josh Taylor yakni 31 tahun. Namanya mulai dikenal setelah mampu menjadi juara tinju dunia pada tahun 2011, dengan merebut gelar menengah ringan WBC.

Ia menjadi juara sejati kelas menengah super pada 6 November 2021 dengan mengalahkan Caleb Plant dengan TKO pada ronde ke-11.

Belakangan tengah ramai dikabarkan akan naik kelas dan menantang juara WBC kelas jelajah Ilunga Makubu.

Sementara itu di arena tinju dunia sendiri saat ini ada empat sabuk gelar utama dari masing-masing badan tinju dunia yakni WBC, WBO dan IBF.

Seorang petinju bisa disebut juara sejati jika mampu mengumpuka sabuk juara dari keempat badan tinju dunia tersebut.

Lantas setelah memasuki tahun 2022, apakah daftar juara tinju dari keempat badan tinju dunia itu mengalami perubahan? berikut daftar lengkapnya: