Cerita Chris John, dari Bocah Penakut Hingga Jadi Legenda Tinju Indonesia

Kamis, 20 Januari 2022 21:50 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor:
© Syamsul Bahri Muhammad/Getty Images
Eks petinju Chris John saat bertarung melawan Satoshi Hosono asal Jepang 2013. Copyright: © Syamsul Bahri Muhammad/Getty Images
Eks petinju Chris John saat bertarung melawan Satoshi Hosono asal Jepang 2013.

INDOSPORT.COMChris John ternyata memiliki banyak cerita soal pengalamannya hingga menjadi seorang petinju profesional dan bahkan legenda di Indonesia.

Siapa yang tak kenal dengan Chris John? Apalagi bagi kaum bapak-bapak tanah air namanya tentunya tak asing dan menjadi idola pada masanya.

Sederet prestasi pun telah dicatatkan oleh petinju berjuluk The Dragon ini, di antaranya ialah raih gelar Indonesia Boxing Assosiciation, PABA featherweight title, WBA featherweight title dan lain-lain.

Sebelum menjadi salah satu legenda tinju Indonesia yang mencatatkan 48 kemenangan 1 kekalahn dan tiga hasil imbang sebagaimana tercatat di Boxrec, Chris John ternyata awalnya tak menyangka akan terjun di olahraga ini.

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat menjadi bintang tamu di program TV Tonight Show Premier, yang juga ditayangkan di kanal YouTube resminya.

Chris John mengaku dirinya terjun di dunia tinju awalnya karena paksaan dari sang ayah (Johan Tjahjadi), yang memang memiliki cita-cita menjadi petinju tapi tak terwujud dan akhirnya anaknya yang meneruskan cita-cita orang tuanya.

“Mau gak mau ya, jadi waktu usia 5 tahun saya sudah mulai diarahkan. Jadi sebetulnya ini ambisi almarhum papah dia hobi banget tinju dan atlet juga tahun 70-an, tapi orang tuanya gak mendukung, diam-diam latihan dan usia 30 mulai bertanding,” kata Chris John.

“Dia kayaknya punya ambisi, karena kemauannya gak tercapai akhirnya anak saya aja. Awalnya kakak saya perempuan sempat dilatih tinju, akhirnya saya dan adik saya lahir dan yasudah,” tambahnya.