Profil Wladimir Klitschko, Eks Petinju yang Gabung Tentara Ukraina untuk Perang Lawan Rusia

Sabtu, 5 Februari 2022 19:25 WIB
Editor: Juni Adi
© Richard Heathcote/Getty Images
Wladimir saat melawan Anthony Joshua di atas ring tinju. Copyright: © Richard Heathcote/Getty Images
Wladimir saat melawan Anthony Joshua di atas ring tinju.

INDOSPORT.COM - Wladimir Klitschko membuat heboh dunia tinju internasional karena bersedia gabung tentara Ukraina untuk melawan Rusia.

Dunia tinju internasional baru-baru ini dibuat heboh dengan keputusan Wladimir Klitschko untuk mendaftar jadi tentara cadangan Ukraina di Kiev, Rabu (02/02/22) kemarin. 

Hal tersebut diakuinya sebagai bentuk cinta Tanah Air demi mempertahankan kemerdekaan negaranya dari jajahan Rusia.

Seperti diketahui, dalam beberapa hari terakhir hubungan diplomatik Ukraina dengan Rusia tengah memanas. 

Rusia terpantau mengerahkan ribuan tentaranya untuk bermarkas di dekat perbatasan Ukraina, meskipun Moskow mengatakan tidak ada renacana untuk invasi.

Baik Wladimir Klitschko maupun saudaranya Vitali Klitschko yang merupakan Walikota Kyiv dan juga mantan juara tinju kelas berat, hadir saat pembukaan pusat rekrutmen Pasukan Pertahanan Wilayah di ibu kota Ukraina.

"Satu distrik dari sini, anak gadis saya akan pergi sekolah. Sekolah itu saat ini ditutup karena para duta besar sudah memulangkan keluarganya," kata Wladimir Klitschko merujuk penarikan sebagian kedutaan.

"Ini soal cinta, cinta kepada kota saya, rumah saya, keluarga saya, tetangga saya, putri saya yang telah membawa saya ke sini hari ini, bahwa saya mengambil prakarsa ini dan kini mengambil bagian dalam membela negara ini."

Walaupun begitu Walikota Klitscko, sang adik, lebih menyukai solusi diplomatik untuk konflik dengan Rusia itu. 

“Jika tidak, kita harus bersiap mengangkat senjata dan membela negara,” tambah dia.

Ukraina mendesak sekutu-sekutunya di Barat agar mengirim bantuan dan senjata guna mencegah invasi Rusia.

Klitschko bersaudara menghabiskan sebagian karier tinju mereka di Jerman dan Walikota Klitschko pekan lalu sama-sama mengkritik Jerman yang menolak memasok senjata. Tetapi tidak lama kemudian, saudara Wladimir itu melunak.

"Saya akan bilang terima kasih kepada Jerman, karena tidak ada negara lain yang berinvestasi di Ukraina sebanyak Jerman dalam beberapa tahun terakhir," kata dia dalam bahasa Jerman.