In-depth

James 'Buster' Douglas, Manusia Pertama yang Rusak Rekor Mike Tyson

Selasa, 3 Mei 2022 18:39 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Tony Duffy/ALLSPORT/Gettyimages
Dalam karier tinjunya, Mike Tyson pernah beberapa kali kalah. James Douglas sendiri adalah orang pertama yang mengalahkan Tyson. Copyright: © Tony Duffy/ALLSPORT/Gettyimages
Dalam karier tinjunya, Mike Tyson pernah beberapa kali kalah. James Douglas sendiri adalah orang pertama yang mengalahkan Tyson.

INDOSPORT.COM - Dalam karier tinjunya, Mike Tyson pernah beberapa kali kalah. James Douglas sendiri adalah orang pertama yang mengalahkan Tyson.

James 'Buster' Douglas selamanya akan dikenal sebagai orang pertama yang memberi nilai merah ke rapor nyaris sempurna Mike Tyson sebagai petinju profesional.

Pencinta olahraga tinju pasti mustahil tak mengenal sosok legenda asal Amerika Serikat, Mike Tyson. Mereka yang bahkan tidak terlalu mengagumi pertarungan tinju saja pasti pernah mendengar nama juara kelas berat tersebut.

Kehebatan dan kekuatan Mike Tyson saat berada di atas ring sendiri sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Sudah banyak nama-nama besar yang ia tumbangkan lewat pukulan 'mematikan' miliknya.

Semenjak memulai debut profesionalnya dengan kemenangan atas Hector Mercedes pada 6 Maret 1985 silam, Mike Tyson sudah mencatatkan total 56 pertandingan.

Dari total tersebut, sebanyak 50 kemenangan sudah diukir petinju kelahiran 30 Juni 1966 tersebut. Hebatnya, 44 dari 50 kemenangan itu ia raih lewat cara membuat lawannya KO.

20 tahun berkarier sebagai petinju, berbagai sabuk juara pun sudah pernah menghiasi pinggang pria yang pernah tiga kali menikah dan punya tujuh orang anak tersebut. Sebut saja seperti sabuk juara kelas berat versi WBA, WBC, dan IBF.

Dengan rentetan statistik dan mentereng tersebut, tidak heran jika Mike Tyson memiliki julukan The Baddest Man on The Planet. Di Indonesia sendiri, pria yang telah menjadi seorang muslim tersebut memiliki julukan Leher Beton karena kekuatannya.

Terlepas dari itu semua, Mike Tyson tetaplah seorang manusia. Dalam kariernya sebagai petinju, ia juga pernah mengalami yang namanya kekalahan. Total ada enam kali Mike Tyson harus mengakui kemenangan lawannya.