In-depth

Tinju Lawas: Ketika Mike Tyson 'Kesetanan' Nyaris Bunuh Lawan dalam 30 Detik di atas Ring

Senin, 24 April 2023 08:30 WIB
Editor: Juni Adi
© Jon Buckle/EMPICS via Getty Images
Mike Tyson dikenal memiliki pukulan yang dahsyat saat masih aktif sebagai petinju, salah satu yang pernah merasakannya adalah Marviz Frazier. Copyright: © Jon Buckle/EMPICS via Getty Images
Mike Tyson dikenal memiliki pukulan yang dahsyat saat masih aktif sebagai petinju, salah satu yang pernah merasakannya adalah Marviz Frazier.

INDOSPORT.COMMike Tyson dikenal memiliki pukulan yang dahsyat saat masih aktif sebagai petinju. Salah satu yang pernah merasakannya adalah Marviz Frazier, nyaris dihabisi hanya dalam 30 detik di atas ring.

Mike Tyson dikenal sebagai salah satu petinju terhebat yang ada dalam sejarah tinju dunia. Sosoknya yang kekar membuat lawan kerap gentar jika berhadapan dengannya di atas ring.

Kehebatan Mike Tyson dibuktikan dengan catatan pertandingannya yang mentereng. Dari 58 kali pertarungan, Si Leher Beton memenangkan 50 duel, 44 di antarannya menang KO.

Mike Tyson sendiri memulai karier tinju profesional saat berusia 18 tahun. Tak heran jika kesuksesan diraihnya sewaktu masih muda.

Di antaranya adalah menyandang status gelar juara dunia kelas berat termuda dalam sejarah tinju saat berusia 21 tahun.

Sabuk juara WBC (World Boxing Council) itu didapatkannya setelah menundukkan Trevor Berbick pada 1986 silam lewat TKO di ronde kedua.

Setelah menyabet gelar juara dunia di usia muda, karier Tyson berkembang pesat hingga berhasil menjadi petinju pertama di kelas berat yang secara bersamaan memegang sabuk juara WBA, WBC, dan IBF. 

Sejumlah gelarnya itu kadang diraihnya dengan sangat mudah, karena lawan yang terlalu lemah untuknya salah satunya adalah Marviz Frazier.

Pertarungan melawan Marviz Frazier mungkin menjadi salah satu yang sulit dilupakan oleh Mike Tyson, karena duel sensasional yang terjadi pada tahun 1986 itu, adalah salah satu kemenangan tercepat sang Leher Beton.

Duel ini digelar pada Juli 1986 di Civic Center, Glens Falls, New York, Amerika Serikat. Mike Tyson tampil kesetanan dan menghabisi lawannya cuma dalam 30 detik.