In-depth

Mengintip Deretan Tato di Tubuh Manny Pacquiao, Legenda Tinju Filipina

Sabtu, 13 Mei 2023 17:42 WIB
Editor: Juni Adi
© Steve Marcus/Getty Images
Manny Pacquiao, petinju profesional asal Filipina. Copyright: © Steve Marcus/Getty Images
Manny Pacquiao, petinju profesional asal Filipina.

INDOSPORT.COM - Baru-baru ini legenda tinju dunia, Manny Pacquiao membuat tato baru bergambar dirinya. Ternyata ini bukanlah tato pertama di tubuhnya.

Pada tahun 2021 lalu, dunia tinju internasional sempat dibuat heboh dengan kabar pensiunnya salah satu petinju terbaik dunia, Manny Pacquiao.

Hal itu dikonfirmasi langsung oleh yang bersangkutan. PacMan, julukan Pacquiao, mengakhiri karier sensasionalnya di atas ring yang sudah berlangsung selama 26 tahun.

"Sulit bagiku menerima kenyataan bahwa waktuku sebagai petinju telah usai. Hari ini, aku mengumumkan pensiun," ujar PacMan dalam video di media sosial resminya, seperti dikutip ESPN, Rabu (29/09/21).

"Wow... Aku tak pernah berpikir hari ini akan tiba. Saat aku menggantung sarung tinjuku, aku ingin berterima kasih kepada seluruh dunia, terutama rakyat Filipina yang telah mendukung Manny Pacquiao," tambahnya.

PacMan terakhir kali naik ring pada Agustus 2021, saat ia kalah angka dalam perebutan gelar kelas welter WBA Super melawan petinju Kuba, Yordenis Ugás. 

Secara keseluruhan, pria 42 tahun itu menutup karier dengan catatan 62 kemenangan (39 KO), 8 kekalahan, dan 2 imbang. Ia juga telah memenangi sabuk juara di delapan kelas berbeda.

Setelah memutuskan pensiun, Manny Pacquiao kemudian maju sebagai calon presiden dalam pemilihan umum (pemilu) Filipina tahun 2022 yang digelar pada bulan Mei.

Namun sayang ia kalah dari pasangan Ferdinand "Bongbong" Marcos Jr-Sara Duterte yang terpilih menjadi presiden Filipina baru menggantikan Rodrigo Duterte.

Karena amanat konstitusi di Filipina membatasi masa jabatan presiden hanya satu periode, sehingga Duterte tak bisa maju lagi dalam pemilu pada 09 Maret 2022 lalu.

Meski kalah dalam Pemilu tidak menyurutkan minat Manny Pacquiao terhadap politik guna membangun negaranya lebih baik. Ia tetap menjabat sebagai senator Filipina, dan disibukan dengan aktivitas liburan serta bisnis usai pensiun.

Dia tidak hanya membuat para penggemarnya terkesan dengan karier tinjunya. Tetapi juga terkenal di komunitas tato karena memiliki seni tato yang indah di tubuhnya. Lantas tato apa saja yang ada?