x

4 Fakta di Balik Debut Tinju Gemilang Putra Sulung Manny Pacquiao, Emmanuel Pacquiao Jr

Rabu, 16 Maret 2022 15:43 WIB
Editor: Juni Adi
Manny Pacquiao dalam pertarungan melawan Keith Thurman.

INDOSPORT.COM - Putra sulung Manny Pacquiao baru saja melakoni debut sebagai petinju amatir. Berikut beberapa fakta di balik pertarungan pertamanya itu.

Filipina tidak ada habis-habisnya untuk bisa melahirkan petinju kelas kakap. Setelah dunia dibuat kagum dengan sosok Manny Pacquiao, kini muncul talenta baru yang diprediksi menjadi titisan Pac-Man.

Baca Juga

Dia tidak lain adalah anaknya sendiri, Emmanuel Pacquiao Jr yang baru saja melakoni debut tinju kategori amatir pada Sabtu (12/03/22) di sasana House of Boxing di San Diego, California, Amerika Serikat.

Dalam laga tersebut, Emmanuel Pacquiao Jr sukses meraih kemenangan angka atas lawannya, Andres Rosales. 

Prestasi itu tentu menjadi kebangaan karena diraih setelah enam bulan sang ayah, Manny Pacquiao, pensiun dari dunia tinju profesional.

Baca Juga

Manny Pacquiao sendiri gantun sarung tinju pada September 2021 lalu. Keputusan pensiun itu diumumkan Pacquiao lewat media sosial Twitter dan juga Facebook miliknya.

Langkah itu otomatis mengakhiri perjalanan panjang karier petinju berjulukan Pacman tersebut selama lebih dari 26 tahun sejak 1995.

"Untuk penggemar terhebat dan olahraga terhebat di dunia, terima kasih! Terima kasih untuk semua kenangan indah.

Baca Juga

"Ini adalah keputusan tersulit yang pernah saya buat, tapi saya berdamai dengan itu," ujar Pacquiao.

"Kejar impian Anda, bekerja keras, dan perhatikan apa yang terjadi. Selamat tinggal tinju," ucap Pacquiao menambahkan.

Postingan tersebut muncul setelah Manny Pacquiao kalah di pertandingan terakhirnya baru-baru ini melawan Yordenis Ugas pada Sabtu (21/08/21) lalu.

Petinju Filipina itu kalah angka mutlak dalam pertarungan 12 ronde di T-Mobile Arena, Las Vegas, Amerika Serikat.

Mannya Pacquiao sendiri lahir di Kibawei, Filipina, pada 1978 silam. Ia merupakan salah satu petinju dunia tersukses dari Asia khususnya Asia Tenggara.

Bagaimana tidak, Pacquiao yang besar dari keluarga miskin, ternyata sangat berprestasi dengan mampu mengantongi gelar juara tinju dunia di delapan kelas berbeda.

Mulai dari juara WBC kelas terbang 1998, IBF kelas bantam super 2001, WBC kelas bulu super 2008, WBC kelas ringan 2008, dan WBO kelas Welter 2009. Sisanya dari gelar Ring Magazine.

Setelah pensiun, kini Manny Pacquiao lebih  banyak beraktivitas sebagai seorang politikus di Filipina, termasuk mencalonkan diri sebagai Presiden menggantikan Rodrigo Duterte. 


1. Pertarungan Tinju Amatir Pertama

Manny Pacquiao saat menjuarai sabuk kelas welterweight di tahun 2016

Pertarungan melawan Andres Rosales, merupakan duel tinju amatir pertama bagi karier tinju Emmanuel Pacquiao Jr.

Sebelumnya ia sudah pernah bertanding namun hanya sebatas sparing tanpa sanksi di Manila, Filipina, beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Dirinya menggunakan jab kaku dan overhand kanan untuk bisa membuat lawannya tunduk. Karena ini pertandingan amatir muda, maka juri tidak mengumumkan knokcdown atau skor, langsung menunjuk pemenang.

Pemuda berusia 21 tahun tersebut yang dijuluki 'Jimuel' juga sempat mendapat perlawanan yang sengit dari Rosales, sehingga pertarungan beberapa kali harus dihentikan karena keduanya melakukan pelanggaran selama pertarungan.

Tak Dihadiri Manny Pacquiao

Kemenangan bersejarah tersebut tak bisa disaksikan oleh sang ayah, Manny Pacquiao. Sebab The Pac-Man saat ini tengah disibukan dengan agenda politiknya sebagai capres, seperti kampanye dan berdebat.

Baca Juga

Kendati demikian, Manny Pacquiao tetap bangga dengan kemenangan putra sulungnya itu. Hal tersebut dituangkan oleh Pacquiao lewat unggahan di akun Instagram pribadinya.

"Selamat anakku Emmanuel Pacquiao, yang menang duel tinju amatir pertamanya di Amerika Serikat. Aku bangga padamu," tulis akun @mannypacquiao.

"Ini hanya pertarungan amatir pertamanya. Tetapi dia menunjukkan kepada saya bahwa dia memiliki hati. Dia akan menjadi lebih baik dan lebih kuat," tutur Manny Pacquiao.


2. Memilih Tinggal di Amerika Serikat

Manny Pacquiao dalam pertarungan melawan Keith Thurman.

Emmanuel Pacquiao Jr atau Jimuel memilih mengikuti jejak ayahnya sebagai petinju, dengan tinggal di Amerika Serikat demi mengembakan bakat tinjunya.

Ia berlatih di sasana tempat ayahnya Manny Pacquiao ditempa sebagai petinju profesional, Wild Card Boxing Club.

Sasana yang sama tempat ayahnya pertama kali tiba pada tahun 2001 dalam perjalanan untuk menjadi petinju hebat sepanjang masa. 

Selain itu, Jimuel juga memilih pelatih yang sama, Marvin Somodio, yang tampak optimistis atas peluang anak muda itu untuk maju dalam tinju.

Somodio juga mengaku bahwa mereka akan terus mencari lawan untuk pertarungan amatir kedua Emmanuel.

“Ini hanya pertarungan amatir pertamanya, tetapi dia menunjukkan kepada saya dia memiliki hati. Dia akan menjadi lebih baik dan lebih kuat,' sebut Somodio.

Sempat Tak Direstui Sang Ayah

Sebelum memilih menekuni profesi sebagai petinju, Emmanuel Pacquiao Jr sempat terjun ke dunia hiburan dengan menjadi influencer atau Youtuber di media sosial.

Keputusan itu sempat didukung oleh Manny Pacquiao karena ia sempat tak memberi izin kepada anaknya untuk mengikuti jejaknya menjadi petinju.

"Saya sedih melihat dia bertinju karena saya tahu betapa sulitnya itu."

Namun dengan kemenangan perdananya itu setidaknya bisa membuat dirinya melupakan dunia lain selain membuat bangga sang ayah.

Manny PacquiaoTinjuBerita Tinju

Berita Terkini