Mengulik Dominasi Perusahaan Gas Samator Grup di Liga Voli Indonesia

Selasa, 25 Juni 2019 15:20 WIB
Editor: Juni Adi
© kabar-energi.com
PT Samator Gas Industri. Copyright: © kabar-energi.com
PT Samator Gas Industri.

INDOSPORT.COM - Salah satu perusahaan gas industri ternama di Indonesia yang terletak di Surabaya, Gas Samator Grup mempunyai gurita bisnis di dunia olahraga Indonesia, dengan memiliki klub voli dan basket Indonesia.

Perkembangan dunia olahraga Indonesia yang semakin pesat, membuat sejumlah perusahaan berbondong-bondong tertarik melakukan investasi berupa memiliki klub ataupun sekadar menjadi sponsor.

Seperti yang dilakukan oleh perusahaan gas ternama Indonesia yang ada di Kota Surbaya, Gas Samator Grup yang memiliki gurita bisnis di dunia voli Indonesia.

Tahun 1992 jadi awal mula perusahaan dengan nama PT Samator Gas Industri itu, terjun ke dunia olahraga voli di Indonesia, saat membentuk klub Surabaya Samator.

Berkecimpung selama kurang lebih 17 tahun di kompetisi voli nasional, Surabaya Samator menjelma jadi klub hebat dan rumah bagi para pemain bintang seperti layaknya Real Madrid di sepak bola.

Kerjasama dengan Polri

Pada tahun 2016, PT Samator Gas Industri kemudian menggandeng institusi Polri untuk berkerjasama mengelola Surbaya Samator, yang kemudian berganti nama menjadi Surabaya Bhayangkara Samator.

Kerjasama itu diwujudkan dalam bentuk penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Kepala Kantor Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Agung Budi Maryoto dengan Direktur PT Samator Gas Industri, Arief Harsono di Jakarta (02/06/16).

"Polri dan PT. Samator akan bekerja sama meliputi pencarian bakat pembentukan klub serta pembinaan, pengembangan atlet dan sarana pendukung," kata Irjen Pol Agung Budi Maryoto.

Menjelma Jadi Tim Hebat

Dihuni banyak pemain bintang berkualitas di dunia voli Indonesia berbanding lurus dengan prestasi yang didapat oleh Surabaya Bhayangkara Samator.

Meski bukan yang setiap musim meraih gelar juara, namun Surabaya Samator menjadi salah satu tim pemegang gelar terbanyak Proliga Indonesia. Total, mereka sudah mengoleksi 7 gelar sejak kompetisi ini digulirkan pada tahun 2002 lalu. 

Yang terbaru, Samator Surbaya berhasil memapatahkan kutukan tak pernah ada tim yang mampu menjuarai Proliga dua kali beruntun atau biasa dibilang back to back.

Pencapaian manis itu tercipta setelah di edisi Proliga tahun 2018 mereka sukses jadi jawaranya. Ketika di laga final Surabaya Bhayangkara Samator berhasil mengalahkan Jakarta Pertamina Energi dengan skor 3-1.

© Humas Proliga
Aksi selebrasi pemain Surabaya Bhayangkara Samator Copyright: Humas ProligaAksi selebrasi pemain Surabaya Bhayangkara Samator

Kemudian di tahun 2019, Surbaya Bhayangkara Samator mampu mempertahankan gelar usai di laga final menang atas Jakarta BNI 46 dengan skor 3-1.

Selain berjaya di kompetisi lokal, para pemain Surabaya Bhayangkara Samator juga banyak yang jadi andalan untuk Timnas Voli Indonesia khususnya di sektor putra, yang tahun lalu tampil di ajang Asian Games 2018 lalu.

Gurita Bisnis Gas Samator Grup di Olahraga Indonesia

Setelah mampu menciptakan tim voli hebat, Gas Samator Grup kembali membuat klub voli profesional baru dengan nama Sidoarjo Aneka Gas November 2018 lalu dan langsung memeriahkan kompetisi Proliga musim 2019 kemarin. 

Kehadiran Sidoarjo Aneka Gas melengkapi enam kontestan putra bersama Jakarta BNI 46, Jakarta Pertamina Enegeri, Palembang Bank Sumsel Babel, Jakarta Garuda, dan Surabaya Bhayangkara Samator. 

Adapun tujuan dari pembentukan klub Sidoarjo Aneka Gas ini, semata-mata untuk mengakomodir jam terbang para pemain Surabaya Bhayangkara Samator yang jarang tampil di Proliga.

Selama ini, klub asal Surabaya Bhayangkara Samator dikenal sebagai salah satu tim voli Indonesia yang memiliki pemain cukup melimpah.

"Aneka Gas itu bukan diisi pemain junior, tapi pemain lapis kedua yang sebenarnya bisa turun di Proliga. Tapi karena satu tim voli hanya boleh mendaftar maksimal 15 pemain, jadi kami bikin klub baru,"

"Daripada kesempatan bermain mereka tidak ada, makanya dibuat Sidoarjo Aneka Gas," kata Manajer Surabaya Samator, Hadi Sampurno mengutip dari Bola.com.

Setelah sukses mencetak pemain-pemain hebat dalam cabang olahraga bola voli bersama Polri, kini Samator Group mulai merambah ke cabang olahraga bola basket. 

Samator Grup menggandeng klub bola basket putri Merah Putih (MP) Samator Jakarta, untuk dibina menjadi tim hebat, dengan melahirkan banyak pebasket berkualitas yang diharapkan membawa harum nama Indonesia di masa depan.

Tidak sampai di situ, komitmen pihak Gas Samator Grup untuk memajukan dunia olahraga Indonesia juga berdampak terhadap kesejahteraan para atlet. Selain berkeinginan meningkatkan prestasi olahraga nasional, mereka juga ingin memberikan kehidupan layak kepada atlet.

"Setelah mereka tidak aktif bermain, mereka bisa memilih mau bergabung ke institusi Polri atau bekerja di Samator Group. Jadi, masa depan mereka lebih terjamin," ujar Wakil Direktur Utama Samator Group, Rachmat Harsono beberapa waktu lalu.