Tak Aktif Main Voli Sejak Operasi Kelamin, Apa Kabar Amasya dan Aprilia Manganang?

Senin, 18 April 2022 10:03 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pemain Jakarta PGN Popsiovo Aprilia Manganang melepaskan smash keras. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Pemain Jakarta PGN Popsiovo Aprilia Manganang melepaskan smash keras.

INDOSPORT.COM - Sudah tak aktif bermain voli sejak operasi kelamin, apa kabar dua eks pemain timnas voli putri Indonesia, Amasya Manganang dan Aprilia Manganang?

Sebagaimana diketahui, Amasya dan Aprilia Manganang adalah dua atlet voli putri yang ditakuti pada masanya. Namun usut punya usut, rupanya kakak adik itu adalah laki-laki.

Kesalahan itu bukanlah sengaja. Amasya Manganang dan juga Aprilia Manganang diketahui mengalami kelainan hipospadia.

Hipospadia adalah suatu kelainan yang menyebabkan letak lubang kencing tidak di ujung penis, tetapi berada di bawah penis.

Dengan keterbatasan pengetahuan saat itu, Amasya dan Aprilia Manganang pun harus menjalani kehidupan sebagai perempuan.

Fakta ini terkuak saat Aprilia Manganang menjalani pemeriksaan kesehatan, dan akhirnya dipastikan bahwa ia adalah laki-laki.

Aprilia Manganang pun menjalani operasi bedah korektif untuk memindahkan saluran kencing, pada Maret 2021, disusul sang kakak, Amasya Manganang, di awal 2022.

Kini, Amasya dan Aprilia Manganang terus menegaskan bahwa mereka adalah laki-laki. Keduanya bahkan telah mengganti nama masing-masing menjadi Aprilio Perkasa Manganang dan Armansyah Erwiandi Manganang.

Tak lagi berstatus sebagai perempuan, Amasya dan Aprilia Manganang pun resmi meninggalkan kariernya sebagai atlet voli putri dan timnas voli putri Indonesia.