Putri TNI AU Juara Livoli Grup Solo, Perubahan Strategi Alim Suseno Tokcer

Minggu, 23 Oktober 2022 14:35 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Tim voli putri TNI Angkatan Udara saat merayakan juara grup Solo di Livoli Divisi Utama 2022. Foto: Nofik Lukman Hakim Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Tim voli putri TNI Angkatan Udara saat merayakan juara grup Solo di Livoli Divisi Utama 2022. Foto: Nofik Lukman Hakim

INDOSPORT.COM - Tim putri TNI Angkatan Udara sukses menjuarai grup Solo dalam Liga Voli Indonesia (Livoli) Divisi Utama 2022. Perubahan taktik pelatih Alim Suseno mampu mengatasi perlawanan Kharisma Premium Bandung di Sritex Arena Solo, Sabtu (22/10/22).

Final kategori putri berjalan seru. TNI AU yang dijagokan juara sempat dikejutkan permainan ngotot Kharisma Bandung yang memenangi set pertama dengan skor 25-23.

Perubahan strategi kemudian dilakukan Alim Suseno. Ritme permainan yang sempat terbawa Alya Regifa Fahira cs. dikembalikan ke bentuk sejatinya.

Strategi ini berjalan bagus untuk memastikan tiga set berikutnya. Hany Budiarti dkk. menang 25-16, 25-22, dan 25-20, seketika disambut sorak-sorai pendukung setianya yang memadati tribun sisi utara.

Usai pertandingan, Alim Suseno tak dapat menutupi rasa bahagia. Gelar dari Grup Solo ini menjadi hasil awal dari kerja keras sekitar 45 hari masa persiapan khusus.

"Alhamdulillah berkat kerja keras dari tim. Kita mempersiapkan diri selama 1,5 bulan dengan para pemain murni anggota TNI AU. Kerja keras kami di sini terbayar dengan hasil ini dan ke final four," kata Alim Suseno usai pertandingan.

Alim Suseno pun menjelaskan situasi yang ada pada set pertama. Dia mengakui bahwa Kharisma bisa memanfaatkan kelengahan timnya dengan maksimal.

"Anak-anak itu sempat terbawa permainan sana. Satu dua pemain sempat bilang ke saya bahwa tadi bukan gaya permainan kami. Setelah itu kami melakukan perubahan di set kedua," ucap Alim Suseno.

Perubahan berbuah manis karena gelar bisa dikunci TNI AU. Gelar grup Solo sebenarnya tidak ada dalam pikiran Alim Suseno. Pelatih terbaik Proliga 2022 ini hanya berpikir mencuri tiket ke final four Livoli Divisi Utama 2022.

Target itu terbilang realistis karena kekuatan Wahana Express Grup (WEG), Popsivo Polwan dan Kharisma Bandung juga tak bisa dianggap remeh.

"Awalnya kita tidak memprediksi muluk-muluk. Target awal ke final four, karena tim-tim seperti Wahana, Popsivo, Kharisma itu juga bagus-bagus," tutur Alim Suseno.