Ini Kunci BJB Tandamata Kalahkan Jakarta BIN di Laga Awal Final Four Proliga 2023

Sabtu, 25 Februari 2023 12:55 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Dokumentasi Proliga
Bandung BJB Tandamata saat menghadapi Jakarta Elektrik PLN pada putaran kedua Proliga 2023. (Foto: Dokumentasi Proliga) Copyright: © Dokumentasi Proliga
Bandung BJB Tandamata saat menghadapi Jakarta Elektrik PLN pada putaran kedua Proliga 2023. (Foto: Dokumentasi Proliga)

INDOSPORT.COM - Juara bertahan putri Bandung BJB Tandamata mengamankan kemenangan pada laga pembuka Final Four Proliga 2023, usai mengalahkan Jakarta BIN dengan skor 3-2.

Pada pertandingan yang berlangsung di GOR Tri Dharma, Gresik, Kamis (23/02/23) lalu, tim Bandung BJB Tandamata harus bekerja keras hingga lima set. Pasalnya, Jakarta BIN sempat bisa unggul di dua set.

Pada set pertama Bandung BJB Tandamata tertinggal dari Jakarta BIN 21-25. Tim besutan pelatih Alim Suseno, berhasil bangkit di set kedua dan unggul atas Jakarta BIN 25-23.

Pada set ketiga Bandung BJB Tandamata kembali menunjukkan kualitasnya dengan unggul 28-26. Namun, di set keempat, pertandingan masih berlangsung ketat dan Jakarta BIN mampu bangkit dan unggul 24-26.

Pertandingan yang berlangsung dalam waktu 2,5 jam itu menyajikan drama cukup menegangkan pada set penentuan atau kelima setelah kedua tim saling berbagi set 2-2.

Bandung BJB Tandamata dan Jakarta BIN saling bergantian meraih angka hingga skor 6-6 dan juara bertahan kemudian unggul 8-6 saat terjadi perpindahan tempat.

Jakarta BIN bangkit melalui smes Fernanda Tome untuk menyamakan skor 8-8. Pemain asal Brazil ini kemudian berbalik membawa Jakarta BIN memimpin 12-10 lewat dua servis ace.

Akan tetapi, anak-anak Bandung BJB Tandamata tidak kendor dan menggagalkan serangan lawan dengan blok rapat untuk menyamakan skor 12-12.

Setelah itu, juara Proliga 2022 ini terus melaju melalui sumbangan dua angka dari smes keras Medeline untuk unggul 14-12 dan Shella Bernadette menutup laga dengan sebuah servis ace 15-12.

Pelatih Bandung BJB Tandamata, Alim Suseno, bersyukur dengan hasil anak asuhnya pada pertandingan perdana Final Four Proliga 2023. Meskipun, dia menilai penampilan pasukannya masih belum maksimal dan masih ada yang harus dibenahi.

"Alhamdulillah hari ini diberi kemenangan, meskipun secara permainan anak-anak masih banyak melakukan kesalahan," kata Alim Suseno.

Alim Suseno menuturkan, kunci kemenangan anak asuhnya atas Jakarta BIN, tak lepas dari kerja keras anak asuhnya dan keberhasilan Wilda Siti Nurfadihlah membendung serangan lawan lewat blok rapat pada set penentuan.

​​​​​​​"Sejak awal saya bilang ke anak-anak untuk siap capek dan bermain ketat hingga lima set karena atmosfir final four ini beda dengan babak reguler. Jadi, pemain harus siap fisik dan mental," ucap Alim.

Di laga berikutnya, Bandung BJB Tandamata akan ditantang oleh Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia pada Sabtu (25/02/23) pukul 16.00 WIB.