Proliga 2023: Kalahkan Jakarta Pertamina Fastron, Bandung BJB Tandamata Sukses Back to Back Juara

Minggu, 19 Maret 2023 14:40 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
© Dok. Proliga
Bandung BJB Tandamata juara putaran satu Final Four Proliga 2023. (Foto: Dok. Proliga) Copyright: © Dok. Proliga
Bandung BJB Tandamata juara putaran satu Final Four Proliga 2023. (Foto: Dok. Proliga)

INDOSPORT.COM - Tim bola voli putri Bandung BJB Tandamata, berhasil meraih target menjadi juara pada Proliga 2023, setelah mengalahkan Jakarta Pertamina Fastron di pertandingan final, Sabtu (18/03/23).

Pertandingan final Proliga yang berlangsung di GOR Amongrogo, Yogyakarta tersebut berlangsung ketat dan saling mengejar poin, bahkan pemenangan partai puncak ini harus ditentukan hingga lima set. 

Pada set pertama, kedua tim bermain berusaha menampilkan permainan terbaiknya, sehingga berjalan ketat namun akhirnya Bandung BJB Tandamata berhasil unggul 27-25 atas Jakarta Pertamina Fastron.

Memasuki set kedua, Bandung BJB Tandamata yang memiliki modal bagus dari set pertama, kembali unggul atas Jakarta Pertamina Fastron dengan skor 25-22. Sehingga, skor sementara untuk keunggulan tim besutan Alim Suseno.

Tertinggal di dua set, Jakarta Pertamina Fastron berusaha bangkit, akhir set ketiga berhasil dikuasai oleh Jakarta Pertamina Fastron, walaupun pada set tersebut Bandung BJB Tandamata mampu memberikan perlawanan, skor berakhir 24-26. 

Keberhasilan mengamankan set ketiga, membuat motivasi Jakarta Pertamina Fastron kembali naik, mereka akhirnya bisa menguasai set keempat dan unggul 20-25 atas Bandung BJB Tandamata, yang membuat skor menjadi imbang 2-2.

Memasuki set penentuan, Bandung BJB Tandamata yang memiliki target untuk mempertahankan gelar juara Proliga, menunjukkan kualitasnya dengan unggul 15-8, hasil itu membuat skor berakhir 3-2 untuk kemenangan Bandung BJB Tandamata.

Kemenangan atas Jakarta Pertamina Fastron tersebut, membuat Bandung BJB Tandamata berhasil meraih gelar juara pada Proliga 2023. Gelar tersebut, menjadi yang keempat didapat tim voli putri asal Bandung ini. 

Pasalnya, sebelumnya Bandung BJB Tandamata juga berhasil meraih gelar juara, yakni 2003 dan 2006 saat memakai nama Bandung Art Deco Bank Jabar serta yang terbaru pada Proliga musim lalu 2022.

Dengan hasil yang didapat pada pertandingan Final Proliga 2023, makaBandung BJB Tandamata berhasil back to back juara di kompetisi bola voli paling bergengsi di Tanah Air.