Profil Singkat Edgar Marvelo, Atlet Indonesia Peraih Medali Emas di Kejuaraan Dunia Wushu 2019

Senin, 21 Oktober 2019 22:00 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT/Abdul Aziz
Edgar Xavier Marvelo pasca menerima medali perak di Asian Games 2018 pada cabor wushu. Copyright: © INDOSPORT/Abdul Aziz
Edgar Xavier Marvelo pasca menerima medali perak di Asian Games 2018 pada cabor wushu.

INDOSPORT.COM - Berikut profil singkat Edgar Xavier Marvelo, atlet Indonesia yang berhasil meraih medali emas dalam kejuaraan dunia wushu 2019 di China, pada Selasa (21/10/19).

Edgar Xavier Marvelo menjadi penyumbang medali emas Indonesia di kejuaraan dunia wushu setelah menjadi yang terbaik di nomor Changquan. Ia menjadi juara setelah mengumpulkan total poin 9.663.

Poin yang ia miliki berhasil mengungguli poin milik wakil Malaysia, Weng Son Wong yang berada di tempat kedua dan atlet asal Korea Selatan, Hasung Lee di peringkat ketiga. 

Indonesia sendiri mengirim dua wakilnya di nomor Changquan. Selain Edgar, Tim Merah Putih juga mengirim Seraf Naro Siregar. Namun sayang, Seraf harus puas berada di rangking keempat dengan total poin 9.623.

Nama Edgar Xavier Marvelo sendiri sejatinya cukup disegani di dunia wushu internasional. Pasalnya atlet berusia 20 tahun tersebut juga sering menghiasi podium juara berbagai kompetisi wushu dalam setahun ke belakang.

Bahkan pada tahun 2018 lalu tepatnya di ajang sebesar Asian Games, Edgar Xavier Marvelo berhasil mencatatkan rekor sebagai peraih medali pertama bagi Indonesia.

Dalam pesta olahraga antar negara benua Asia tersebut, Edgar Xavier Marvelo sukses menyumbangkan medali perak usai mencatatkan skor 9.72 dalam kategori Changquan.

Jauh sebelum mentas di Asian Games, Edgar Xavier Marvelo juga berhasil mencatatkan prestasi gemilang dengan merebut medali emas perhelatan Asean Schools Games Filipina 2014 serta Kejuaraan Nasional Wushu Junior 2015.

Saat memasuki usia 18 tahun, Marvelo tampil di kejuaraan dunia wushu yang berlangsung di Kazan, Rusia, dengan usia yang masih belia ia sukses membawa pulang perak untuk Indonesia.

Tak cuma jago dalam olahraga wushu, atlet kelahiran Jakarta ini juga berprestasi dalam hal pendidikan bahkan ia mampu menyelesaikan pendidikan SMP dan SMA hanya dalam kurun waktu empat tahun, di mana rata-rata pelajar harus menghabiskan 6 tahun untuk bisa lulus.

Selain juara dunia dan medali perak Asian Games, masih banyak lagi gelar juara yang pernah diraih Edgar Xavier Marvelo, dan berikut INDOSPORT.COM rangkum seretan prestasi serta gelar juara Edgar Xavier Marvelo, si pangeran wushu Indonesia.

  • Medali Emas Kejuaraan Wushu Dunia Junior Singapura 2011
  • Medali Emas Asean Schools Games Filipina 2014 
  • Medali Emas Kejuaraan Nasional Wushu Junior 2015
  • Medali Perak Kejuaraan Wushu Dunia Kazan, Rusia 2017 
  • Medali Perunggu SEA Games Malaysia 2017
  • Medali Perak kelas Changquan Putra, Jakarta, Asian Games 2018
  • Medali Emas kelas Changquan Putra Kejuaraan Dunia Wushu, China 2019
IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%