Diperkuat Juara Dunia, Timnas Wushu Targetkan 3 Emas di SEA Games 2021

Senin, 25 April 2022 19:46 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Kemenpora.
Atlet wushu, Nikolas akan tampil di SEA Games 2021. Foto: Kemenpora Copyright: © Kemenpora.
Atlet wushu, Nikolas akan tampil di SEA Games 2021. Foto: Kemenpora

INDOSPORT.COM - Wushu jadi salah satu cabang olahraga yang diharapkan menyumbangkan medali untuk Indonesia di SEA Games 2021 di Vietnam pada 12-23 Mei 2022 mendatang.

Timnas wushu Indonesia akan menurunkan 16 atlet dari dua nomor yang akan dipertandingkan, yakni 8 atlet Taolu (4 putra dan 4 putri) dan 8 Atlet Sanda (4 putra dan 4 putri). Targetnya adalah tiga medali emas.

Manajer Timnas wushu Indonesia, Iwan Kwok tak berani menargetkan terlalu jauh. Minimnya informasi terkait calon lawan dua tahun ke belakang karena masa pandemi covid-19 jadi alasan utama.

Vietnam dinilai jadi lawan terberat karena bertindak sebagai tuan rumah dan punya persiapan matang.

"Kami menargetkan tiga medali emas, kita tidak berani menargetkan terlalu jauh," kata Iwan dalam keterangan pers.

"Kami tentunya mewaspadai tuan rumah ya, apalagi Vietnam ini terkenal dengan government will-nya yang sangat kuat, jadi mereka itu pelatnas sepanjang masa," urainya.

"Kami hanya berusaha semaksimal mungkin seluruh tim bekerja sangat keras dan serius, kita mengharapkan yang terbaik nantinya," harap Iwan.

Iwan menyampaikan, tidak ada ramuan khusus bagi Timnas wushu Indonesia untuk meraih target medali emas. Mereka hanya dengan berlatih semaksimal mungkin dengan pola latihan yang ketat.

"Kami tidak ada strategi khusus. Kami hanya berjuang semaksimal mungkin dengan pola latihan yang ketat, dan berdoa. Tingkat kedisiplinan anak-anak juga tinggi," ujarnya.

Tim Wushu Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam diperkuat beberapa nama familiar, salah satunya adalah Edgar Xavier Marvelo yang raih juara dunia 2019 dan medali perak di Asian Games 2018.