Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 Akan Dibuka Presiden Jokowi di Tangerang

Minggu, 4 Desember 2022 22:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali saat menghadiri jumpa pers Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022, Minggu (04/12/22). Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali saat menghadiri jumpa pers Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022, Minggu (04/12/22).

INDOSPORT.COM - Presiden RI, Joko Widodo dijadwalkan membuka Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 yang ke-8 pada Senin (05/12/22) di ICE BSD, Tangerang. Kejuaraan ini diikuti oleh 60 negara.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada Preskon, Minggu (04/12/22). Dia antusias karena kejuaraan kali ini merupakan yang terbesar, yang digelar setelah pandemi covid-19.

“Saya apresiasi dari pemerintah ke PB Wushu Indonesia atas penyelenggaraan kejuaraan dunia yang akan dibuka Pak Presiden,” buka Menpora.

“Kali ini pesertanya ada 60 negara dan ini harapannya akan jadi ukuran ke Olimpik Junior 2026 di Senegal,” imbuhnya.

Sebagai salah satu cabang unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), Amali berharap Indonesia tak hanya sukses dalam penyelenggaraan, tetapi juga sukses prestasi.

“Apalagi wushu masuk ke desain besar olahraga nasional dari 14 cabor yang terpilih. Kami harap Wushu bisa masuk ke Olimpiade ke depannya,” ujar Menpora.

Zainudin Amali menegaskan, pemerintah akan terus mendorong agar wushu bisa masuk ke Olimpiade. Karena Indonesia punya atlet dunia yang kerap mendapat juara di event internasional. 

“Komitmen pemerintah untuk cabor unggulan yang masuk DBON itu ada payung hukumnya, Perpres nomor 86. Saat kami memilih cabor itu tak mudah,  bukan wushu masuk karena saya kenal dengan Ketum PB Wushu, tidak. Tapi wushu ini punya potensi ke Olimpiade,” jelasnya.

“Satu medali emas di Olimpiade itu sangat berpengaruh akan peringkat Indonesia. Dan wushu ini kalau pembinaan sasananya banyak, mereka tinggal dipoles sedikit langsung jadi,” imbuhnya.