Targetkan Medali Emas di Asian Games 2018, Kemenpora Pilih Kasih Soal Anggaran Pelatnas?

Jumat, 29 Desember 2017 15:05 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT/Asian Games 2018
Logo Asian Games 2018. Copyright: © INDOSPORT/Asian Games 2018
Logo Asian Games 2018.

Dalam mempersiapkan Asian Games 2018 mendatang, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah mempersiapkan anggaran guna memfasilitasi para atlet di berbagai cabang olahraga yang akan mengikuti ajang olahraga akbar tersebut. 

Kemenpora akan memecah pelatnas dalam tiga kategori, yaitu orientasi medai emas Asian Games 2018, potensi perak dan perunggu, serta perbaikan prestasi atlet. Cabang olahraga yang berorientasi pada medali emas akan mendapatkan porsi anggaran yang lebih banyak.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menpora Imam Nahrawi, sedang memerhatikan salah satu karya foto yang dipamerkan. Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTMenpora Imam Nahrawi, sedang memerhatikan salah satu karya foto yang dipamerkan. Herry Ibrahim/INDOSPORT

"Untuk pembagiannya nanti dulu. Kami masih tunggu hasil pertemuan dengan cabor," ungkap Deputi IV Kemenpora Mulyana, seperti dikutip Jawa Pos. 

Anggaran memang hingga kini masih menjadi faktor kendala yang tengah dihadapi oleh pelatnas cabor, meskipun untuk sejumlah cabang olahraga mandiri seperti bulu tangkis, mereka memiliki jalur pendanaan sendiri.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menpora, Imam Nahrawi memberi sambutan dalam acara pameran foto olahraga bertajuk ‘Indonesian Sport Heroes’. Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTMenpora, Imam Nahrawi memberi sambutan dalam acara pameran foto olahraga bertajuk ‘Indonesian Sport Heroes’. Herry Ibrahim/INDOSPORT

Dari cabang olahraga sepakbola melalui PSSI telah mengajukan dana segar untuk membiayai persiapan Timnas Indonesia. Hal itu disampaikan Sekjen PSSI dalam pertemuannya dengan Wakil  Presiden, Jusuf Kalla selaku Ketua Dewan Pembina Pantia Penyelenggara Asian Games (INASGOC).

Seperti yang disampaikan oleh pihak PSSI melalui Sekjennya, Ratu Tisha dalam rapat di kantor wapres pada  Rabu (20/12/17) lalu, mengatakan bahwa mereka mengajukan dana sekitar Rp47 miliar untuk persiapan Timnas U-23 selama tujuh bulan kedepan jelang Asian Games 2018.