MotoGP

Valentino Rossi Jadi Panutan Pembalap Red Bull

Jumat, 7 Juli 2017 04:29 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi. Copyright: © Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi.

Sebelum kehadiran Marc Marquez dan Maverick Vinales, ajang balap MotoGP mulai menjadi salah satu olahraga terfavorit di dunia berkat kehadiran sosok Valentino Rossi.

Sejak memulai debut perdananya di level MotoGP pada 2002 silam, pria berjuluk The Doctor mampu menyulap kompetisi balap kuda besi itu menjadi sesuatu yang spektakuler.

© motogp.com
Rossi mendulang hasil mengecewakan di FP 1 dan 2 MotoGP Jerman. Copyright: motogp.comRossi sudah hampir 10 tahun berkancah di ajang MotoGP.

Tidak hanya dari prestasinya yang sudah enam kali merebut gelar juara dunia, tapi juga dari aksi-aksinya saat balapan yang tergolong berani dan selalu menyajikan gaya-gaya baru saat memacu kecepatan di atas lintasan.

Baca Juga

Kehebatannya tersebut pun masih terbukti hingga sekarang. Bayangkan saja, di usianya yang sudah nyaris berkepala empat, pembalap berkebangsaan Italia itu masih mampu bersaing dengan pembalap-pembalap lain yang usianya jauh lebih muda.

Berkat hal tersebut, banyak orang yang sangat mencintai dan menjadi pengagum berat Rossi. Tidak terkecuali pembalap yang tampil di kancah Formula 1, Daniel Ricciardo.

Pembalap yang memperkuat tim Red Bull itu secara gamblang mengungkapkan alasannya sangat mengidolakan sosok Rossi.

"Usia Rossi dengan saya terpaut 10 tahun. Namun, lihatlah performanya. Seseorang mengatakan pada saya bahwa jarak antara kemenangan perdananya dan podium juara di Assen yang lalu sudah lebih dari 21 tahun," tulis Ricciardo dalam kolom situs resmi Red Bull.

"Kemanangan itu sendiri menandakan sesuatu. Dia adalah sosok yang selalu bisa menginspirasi, walaupun hanya dari segi kemampuan fisik," tambahnya.

© Twitter/Crash
Valentino Rossi menang di MotoGP Belanda. Copyright: Twitter/CrashValentino Rossi menang di MotoGP Assen 2017.

Lebih lanjut, Ricciardo tidak habis pikir mengapa seorang Rossi masih mampu tampil gemilang meski tidak lagi muda. Padahal, MotoGP sendiri merupakan salah satu kompetisi yang berat.

"MotoGP adalah olahraga yang menguras fisik, belum lagi bila Anda mengalami cedera. Jadi melihat Rossi yang saat ini masih berpeluang meraih gelar juara benar-benar menakjubkan," ungkap pria asal Australia itu.

Dalam kesempatan itu, Ricciardo pun menyebut satu hal yang paling membuatnya kagum dari seorang Rossi.

© Tom Pennington
Daniel Ricciardo di podium GP Kanada. Copyright: Tom PenningtonPembalap Formula 1, Daniel Ricciardo.

"Satu hal menakjubkan dari Rossi menurut saya adalah komitmennya. Secara mental dia tentunya sudah kaya pengalaman, apalagi sebagian besar hidupnya dihabiskan untuk mengurus segala persiapan balapan," tutupnya.

Perlu diketahui dalam klasemen pembalap MotoGP musim 2017, Rossi saat ini menempati peringkat empat dengan koleksi 119 poin. Ia berselisih 10 poin dari Marc Marquez yang kokoh di puncak klasemen.