Formula 1

Jadi Pro Kontra, Begini Makna Terpendam Logo F1 yang Baru

Selasa, 28 November 2017 16:10 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Galih Prasetyo
© Formula 1.com
Logo baru Formula 1. Copyright: © Formula 1.com
Logo baru Formula 1.

Secara resmi Formula 1 telah membocorkan rupa logo baru mereka yang akan mulai digunakan di musim balap 2018 nanti. Setelah itu Formula 1 akan meresmikan logo tersebut di awal musim 2018 tepatnya di GP Abu Dhabi 2018.

Logo yang didominasi warna merah dengan lekukan besar yang membentuk huruf F tersebut akan menggantikan logo F1 lama yang berwarna hitam, putih, dan merah yang telah digunakan selama 23 tahun terakhir.

Kepala pemasaran F1, Ellie Norman mengatakan apa yang menjadi inspirasi dibalik logo baru tersebut adalah sederhana. “Inspirasinya adalah sudut pandang rendah dari mobil, yaitu dua mobil yang melintasi garis finis.”

“Logonya luar biasa berani dan sederhana, jadi jika kami mengaplikasikannya di pasar sekarang yang berbasis mobile dan digital, logo kami memiliki lebih banyak fleksibilitas dan dapat digunakan di mana saja.” ujarnya dikutip dari Autosport.

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNET

Meski logo lama F1 dikenal legendaris karena adanya angka '1' yang tersembunyi di tengah-tengah logo, bos komersial F1, Sean Bratches, menjelaskan bahwa itu terlihat samar-samar bagi banyak orang.

"Kami sangat menghargai logo sebelumnya. Logo lama itu telah mewakili F1 dengan sangat baik dalam 23 tahun terakhir, tapi dari sisi arah dan visi kami untuk bisnis ini, ruang negatif pada angka '1' tidak muncul dengan jelas di platform digital.”

"Jika kami mengadakan polling tentang orang-orang yang telah saya jumpai dan membahas logo lama sejak saya datang ke sini, banyak dari mereka menghabiskan bertahun-tahun tanpa memahami kekosongan yang ada di antara bagian kiri dan kanan itu sebenarnya adalah angka 1.”

"Jadi kami ingin membuat logonya sederhana dan jelas. Itu penting untuk era digital." jelas Bratches.